Halaman

Kamis, 24 Agustus 2017

Bakwan Sayur Misoa

Assalamu'alaykum


Setelah beberapa kali posting roti rotian, sekarang bikin gorengan yah....
Kangen deh karena lama gak bikin gorengan. Mumpung di dapur ada misoa, mau diberdayakan untuk gorengan yang gampang, yaitu bakwan. Untunglah di tukang sayur masih ada paket sayur sop. Sayur sop yang udah dibungkusin itu lho. Ada kentang, wortel, kol, buncis dan daun bawang. Tinggal ditambah misoa, jadi deh. Gampil kan. Adonan bakwan gak harus manut resep di bawah. Jika sudah punya resep favorit, gunakan saja. Atau boleh juga pake tepung bakwan siap pakai, tinggal diberi sayur dan misoa. Bisa dibilang, gorengan adalah makanan yang luwes. Dicemil bisa buat lauk juga enak. Nyammm....

Bahan :
1 bungkus (130 gr) misoa kering
200 gr tepung terigu
25 gr tepung beras
1 sdm tepung tapioka/kanji/aci
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
225 ml air
2 bh wortel, serut memanjang
2 butir kentang, serut memanjang
5 batang buncis, iris bulat tipis
5 lembar kol, iris tipis
2 batang daun bawang, iris halus

Bumbu halus :
1/2 sdt ketumbar
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 cm kunyit

Cara membuat :
1. Rendam misoa dalam air hangat suam kuku sampai lunak. Tiriskan dan potong-potong, sisihkan.

2. Dalam sebuah wadah besar campur terigu, tepung beras, tapioka, garam, merica dan bumbu halus. Tuangi air sambil diaduk sampai rata, kental dan licin. Cek rasanya. Boleh ditambah kaldu bubuk dan penyedap rasa jika suka. Aduk rata.

3. Masukkan misoa, kentang, wortel, buncis, kol dan daun bawang, aduk rata.

4. Panaskan minyak di atas wajan cukup banyak. Dengan menggunakan sendok sayur, goreng adonan di bagian pinggir wajan sambil dilebarkan. Siram-siram supaya lepas dari wajan, dan goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat bersama cabe rawit.



4 komentar:

  1. Enak jg ni ya mba pake tambahan misoa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak. Beberapa kali diriku bikin bakwan pake misoa. Di blog ini ada juga bakwan tahu misoa. Untuk variasi biar gak bosen 😀😀

      Hapus
  2. Mba Rina, tampilan blognya ganti ya? Tidak bisa dibuka versi seluler. Sedikit lebih ribet dari tampilan biasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb Sitti, pake versi web tampilannya. Sedikit berat kalo loading karena banyak gambar yang harus tampil

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.