Halaman

Senin, 27 Februari 2017

Kentang Buncis Masak Kari

Assalamu'alaykum


Ini janji saya pada pembaca DapurManis untuk repost Kentang Buncis Masak Kari yang hilang, gegara draftnya dihapus.
Saya demen banget masakan ndeso begini. Bumbu dengan rasa medok dan terasa "nglawuhi". Dimakan dengan nasi anget memang rasanya jadi luar biasa. Alhamdulillaah....

Bahan :
200 gr buncis, potong serong
3 butir kentang, potong dadu
2 bh wortel, potong korek api
1 sdm bumbu kari bubuk
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
sepotong lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
garam dan gula secukupnya
1 butir telur, kocok lepas
cabe rawit utuh, secukupnya

Bumbu halus ;
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
3 butir kemiri
3 cm kunyit
1/4 sdt merica butiran

Cara membuat :
1. Setelah kentang dicuci bersih, goreng sampai matang. Angkat sisihkan.
2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan kari bubuk, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai, masak sampai bumbu matang.
3. Masukkan kentang goreng. Tuangi santan, beri garam dan gula. Jika suka boleh tambahkan kaldu bubuk dan penyedap rasa. Masak sampai santan menyusut.
4. Masukkan buncis, wortel dan cabe rawit, masak sampai santan mengering dan kental, aduk rata dan koreksi rasanya.
5. Terakhir masukkan telur dan aduk supaya telur berbutir-butir seperti orak-arik. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat.


2 komentar:

  1. cuit cuit... ada yang rajin posting sekarang.. wah jadi ga berdebu ya mba blognya he he he

    aih bener mba makanan begini dimakan pake nasi anget, enak pake banget

    oh jadi ini toh yang mba Rina bilang, hapus di android draftnya jadi kehapus yang sudah diposting di blog..repot juga yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ini yang aku maksud. Karena draft di android dihapus, postingannya jadi hilang setelah dipublish.

      Draft ku di aplikasi blogger, ada beberapa yang masih status "draft" sampai hari ini padahal udah dipublish. Jadi parno kalo mau nulis pake aplikasi blogger nih...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.