Donat Gebu No Uli No Telur

Assalamu'alaykum



Sudah lama rasanya tidak bikin roti, donat atau pao. Karena liat ada resep donat yang judulnya Malaysia banget, saya jadi kepincut deh.
Apalagi nggak pake diuleni, cukup diaduk menggunakan sendok saja. Langsung pingin bikin rasanya. Donat ini diklaim sangat empuk dan lembut meski tidak diuleni dan tanpa telur. Penggunaan air yang cukup banyak sangat berpengaruh terhadap kelembutan teksturnya. Dan ternyata benar. Reviewnya sangat banyak. Dan sekarang saya sudah membuktikannya sendiri. Untuk isinya saya menggunakan coklat batang. Tapi jika suka donat bentuk klasik yang bolong di tengah, silakan saja. Jika mau dioven, mau dibikin roti sobek, diisi pisang, keju, sosis atau yang lain, bisa  juga. Oh ya resep ini dishare oleh Nai Na. Makasih ya say untuk resep ciamiknya.


Donat Gebu No Uli No Telur
Recipe by : Che Eda
Source : Nai Na

Bahan biang :
11 gr ragi/yeast instant
2 sdm susu kental manis
2 sdm gula pasir
350 ml air hangat 

Bahan utama :
500 gr terigu protein tinggi (bread flour), diayak supaya bersih
1 sdt garam halus
2 sdt baking powder
2 sdm margarin

Isi :
250 gr dark cooking chocolate, bagi 18 bagian
Cara membuat :
1. Biang : campur semua bahan sampai rata dan diamkan selama 15 menit sampai berbuih.
2. Dalam wadah besar campur terigu, garam dan baking powder, aduk rata. Masukkan margarin, aduk menggunakan sendok kayu atau centong nasi sampai rata.
3. Tuangkan larutan biang, aduk lagi menggunakan centong sampai rata. Adonan yang terbentuk pekat, lembek dan lengket. Jika dirasa terlalu kering boleh ditambah air.
4. Tutup adonan menggunakan serbet lembab atau tutup panci kemudian letakkan di tempat hangat sampai mengembang besar selama 1 jam.
5. Lumuri tangan dengan terigu, kempiskan adonan sambil sedikit diuleni untuk membuang semua gasnya.
6. Bagi adonan sebanyak 18 bagian (45-50gr). Bulatkan. Ambil satu buah bulatan, beri isi, bulatkan lagi. Letakkan di atas loyang bertabur terigu. Lakukan sampai habis dan biarkan mengembang lagi selama 15-20 menit.
7. Panaskan minyak goreng sampai hangat. Goreng donat menggunakan api kecil sampai warnanya kecoklatan. Balik sekali dan lanjutkan menggoreng sampai matang.

 
 

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

10 komentar

Yeayy...donat kesukaanku mba. Resep2 gampil gini dan hasilnya enak harus di screenshot nih.... hehe.
-Rini @Medan

Hayuk hayuk bikin. Lembut ini donatnya, apalagi selagi anget. Duh ngeces lagi nih eike hihihi....

Niat hati pengen mulai diet sehabis asi eksklusif ne...tp tiap brkunjung ksini kok ada aja yg menarik buat dicoba..dan sudah psti enak dan pastiii bikin lupa diet *hikksss sedih liat timbangan

Hihi....banyakin makan buah sama sayur, trus baking bakingnya tiap weekend aja. Sabtu Minggu. Aku juga gitu kok. Kalo postingannya di awal minggu ya biasalah, telat hehe....

Mbak akhir2 ini aku sering jalan2 di blog ini. Beberapa resep yang aku suka udah aku screen shot di hp. Tinggal eksekusinya. Lagi males baking gegara kerja. Semoga rasa malesnya segera sirna. Biar aku bisa eksekusi resep2 mbak. Makasih ya buat resep2nya. oh ya, aku penggemar baru blog mbak. salam kenal dari Sidoarjo.

Salam kenal mb Ida. Selamat datang di blog DapurManis
Kalo masih kerja emang kok susah ngatur waktunya. Percaya nggak saya sempat absen baking selama lebih dari 12-13 tahun begitu kerja dan punya anak. Beneran absen nggak pegang mixer dkk. Kalo sutil masihlah soalnya butuh makan hihi...yuk baking pada weekend aja. Sesempatnya aja dan dibikin fun biar enak eksekusinya.

Wah gampil bgt ni mba, bahan2 smw sdh tersedia drumah. Bisa eksekusi sore ni kebetulan si kakak request donat. Makasih sharinh resep yg ciamik no ulen no telur ni mba..hehe

Siang mb. salam kenal sy Yoenita dari Surabaya. Sy ibu 2 anak yg kerja. Resep ini simpel dan kalau dibuat roti dg oven suhu berapa ya dan waktunya berapa? trim.

Tergantung roti apa yang dibuat. Kalo roti sobek biasanya suhu sedang (180darjah C) lamanya tergantung oven masing² antara 25-30menit.
Kalo roti bun suhu tinggi 200darjah C lama sekitar 15-20menit

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon