Halaman

Rabu, 20 Juli 2016

Oseng Terong Tahu Teri

بسم الله الرّحمن الرّحيم 
 Assalamu'alaykum


Beberapa hari setelah lebaran saya sempat nggak masak sama sekali. Males bo karena ketika belanja harganya masih mahal semua. Bahkan 10 hari setelah lebaran masih juga mahal. Lebaran tahun ini beraasa paling horor untuk urusan bahan makanan. Tapi terlalu lama nggak masak bikin saya kangen juga. Akhirnya pergi ke pasar dan beli terong. Pingin masak yang simpel dan nggak ribet. Kali ini masak oseng terong dan tahu aja. Terus kepikiran dikasih teri biar syedep rasanya. Setelah mateng ih enyak banget deh. Terutama terinya itu yang menyumbang rasa gurih. Dimakan bareng nasi anget ma syaa allaah enaknyaaaa...

Bahan :
3 bh terong ungu, potong bulat bulat
1 kotak (300gr) tahu putih, potong korek api
50 gr ikan teri (ikan teri apa saja boleh, sesuai selera)
1 sdt kecap ikan
1 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
250 ml air

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
8 bh cabe merah keriting
8 bh cabe hijau keriting
5 bh cabe rawit merah

Cara membuat :
  1. Goreng/bakar terong sampai layu, sisihkan. Goreng tahu dan teri secara terpisah, sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu iris sampai layu. Masukkan kecap ikan, saus tiram dan air. Biarkan mendidih. Masukkan tahu goreng, garam, gula dan merica. Masak sampai bumbu meresap.
  3. Koreksi rasanya. Setelah airnya agak susut masukkan terong. Jika terlalu kering tambahkan air panas secukupnya. Matikan api dan masukkan teri goreng. Sajikan bersama nasi hangat.

2 komentar:

  1. aih makan beginian, pake nasi anget aja sudah enak pake banget mba...ga usah tambahin apa-apa lagi sudah enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi bikin gagal diet hahahaaaa...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.