Laman

Minggu, 20 Maret 2016

Sambel Goreng Kentang Tanpa Santan

بِسْمِ الله ِالرَّ حْمنِ الرَّ حِيْمِ

Assalamu'alaykum


Jika dihitung, sudah berbulan-bulan saya nggak masak sambel goreng kentang favorit orang rumah.
Saya sempat dilanda bosan masak di dapur.
Hal ini bersamaan dengan keadaaan saya yang malas ngeblog beberapa bulan yang lalu karena sakit mata. Setelah agak lama absen, saya rindu membuatnya kembali. Apalagi di kulkas ada stok ati ampela ayam. Ketika berniat membuat, saya pas nggak punya santan. Nggak apa. Sambel goreng minus santan itu juga enak kok. Nggak percaya ? Cobain deh. Kunci supaya enak ada pada pemakaian bumbu yang kuat. Jangan lupa ebinya ya. Jika punya udang boleh banget tuh dimasukin, bikin tambah nyamleng. Sayang, ketika saya masak sambel goreng, bersamaan dengan harga cabe yang melambung tinggi. Biasanya saya pake cabe merah besar. Tapi karena saya kesulitan mendapatkannya, terpaksa pake cabe nmerah keriting aja. Akibatnya sambel goreng ini tidak berwarna merah, tapi sedikit kuning karena saya pake kunyit di bumbu halusnya.

Bahan :
4 butir kentang ukuran sedang, kupas, potong dadu
5 pasang ati ampela ayam, rebus, potong dadu
8 buah tahu kulit segitiga, potong sesuai selera
500-600 ml air
9 bh cabe merah keriting, potong miring tipis
3 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
1 batang serai, memarkan
sepotong kecil lengkuas
garam, gula, merica bubuk secukupnya

Bumbu halus :
1 sdm ebi
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 bh cabe merah keriting
3 cm kunyit
3 butir kemiri

Cara membuat :
1. Goreng kentang dalam minyak yang banyak sampai matang. Angkat dan tiriskan.
2. Panaskan kembali sedikit minyak, tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas. Tumis sampai bumbu halus agak matang.
3. Masukkan kentang goreng, ati ampela dan tahu aduk rata. Tuangi air dan biarkan mendidih. Beri garam, gula dan merica.
4. Masak sampai air menyusut dan bumbu jadi meresap. Koreksi rasanya. Jika sudah pas, matikan api dan sajikan.



5 komentar:

  1. mba Rina, aku mau...lagi laper liat sambal goreng ini..
    enak banget makan sama nasi putih hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. embeer......bikin baper eh laper yah hihi

      Hapus
  2. weeh,weeh pagi2 dah mantengin makanan bikin laper ajaaaa, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi, ayo bikin sambel goreng trus makan gih hihihi

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.