Laman

Jumat, 18 Maret 2016

Chiffon Tape Toping Keju (No Food Additive)

ِبسْمِ اللهِ الرَّ حْمنِ الرَّ حِيْم

Assalamu'alaykum


Jumu'ah Mubarakah !!!
Masih demam telur murah ya hihi.........Mumpung punya stok telur agak banyak segera pingin bikin cake yang pake banyak telur, yaitu chiffon cake.

Lagian udah lama banget saya nggak bikin chiffon, orang rumah juga pada tanya. Mereka kangen dengan teksturnya yang lembut. Resep ini menggunakan 6 butir telur. Lumayan ya. Biar dapat cake yang gede dan tinggi gitu. Jadi puas makannya. Apalagi pas mau bikin, ada tukang tape lewat, syukur deh bisa beli tape sekalian. Meski ditambah tape yang notabene mengandung karbohidrat, hasil cake ini tetap lembut dan spongy tuh. Ini karena ciri khas chiffon yang menggunakan meringue atau putih telur yang dikocok. Dan tanpa bahan pengembang sama sekali lho. Jadi in syaa Allaah aman untuk dikonsumsi yah.


Bahan :
150 gr terigu
6 butir kuning telur
50 gr gula tepung/halus
150 gr tape singkong, haluskan
50 ml susu kental manis
75 ml minyak goreng/sayur

6 butir putih telur
1/4 sdt garam halus
2 sdt jus jeruk lemon/nipis/cuka
100 gr gula tepung/halus

Olesan dan taburan :
Margarin/susu kental manis
Keju cheddar, parut memanjang

Cara membuat :

  1. Siapkan loyang chiffon bongkar pasang diameter bawah 17cm, diameter atas 22 cm, tinggi 10cm. Biarkan kering semua bagiannya. Panaskan oven suhu 160 derajat C. Masukkan loyang chiffon ke dalam oven supaya sambungannya memuai, untuk menghindari bocor.
  2. Campur terigu, kuning telur, 50gr gula halus, tape singkong, susu kental manis dan minyak goreng, aduk  menggunakan whisker sampai rata. Sisihkan.
  3. Dalam wadah besar, bersih dan kering masukkan putih telur, garam dan jus jeruk nipis. Kocok menggunakan mixer speed tinggi sampai berbuih. Masukkan sepertiga bagian gula halus, kocok sampai rata. Masukkan kembali sepertiga gula halus sambil terus dikocok. Terakhir, masukkan sisa gula dan kocok sampai soft peak (jika baling baling mixer diangkat akan terbentuk ujung lancip seperti tanduk, dan putih telur tidak jatuh).
  4. Masukkan putih telur ke dalam adonan tape secara bertahap, dalam 3 bagian, aduk menggunakan whisker sampai rata.
  5. Keluarkan loyang dari dalam oven, tuang adonan ke dalamnya. Panggang selama 75-90 menit (1,25 - 1,5 jam) sampai permukaannya benar-benar kering. Sentuh menggunakan ujung jari. Jika membal, artinya telah matang.
  6. Keluarkan dari oven dan segera balik menggunakan kaki loyang. Jika tidak berkaki, sangga menggunakan botol sampai benar-benar dingin.Kikis/susuri pinggir chiffon menggunakan pisau tipis sampai lepas dari dinding loyang. 
  7. Kikis bagian dasarnya juga menggunakan pisau. Dan lepaskan bagian tengah dengan bantuan tusuk sate.Olesi salah satu permukaan chiffon dengan margarin/susu kental manis dan taburi keju. 
  8. Potong menggunakan pisau bergerigi dan sajikan. It's really heaven...maa syaa allaah...



الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي فَضَّلَنَا عَلَى كَثِيرٍ مِنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِينَ


Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami [dengan berbagai karunia-Nya] dari kebanyakan
 hamba-hamba-Nya yang beriman. (QS. An-Naml [27]: ayat 15

8 komentar:

  1. beuh cantik banget chiffon cakenya mba...tinggi banget dan kokoh trus taburan kejunya itu lho...
    pake tape??? duh sudah kebayang enake..

    sampai hari ini aku belum punya keinginan buat chiffon cake, seandainya mba Rina deket sudah tak samperin minta cake ini barang sepotong dua potong, hi hi hi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kelihatan kayak menara ya chiffoonnya hahahaaaa.......
      Ayo dicobain bikin chiffon. Menantang banget lho bikin chiffon tuh. Aku sejak SMP sudah berusaha menaklukkan chiffon, tapi baru 8-9 tahun yang lalu sukses membuat chiffon bertekuk lutut pada diriku, halllaaahhh.......

      Hapus
  2. Di deket rumahku ada yg jual bolu tape cuma 28ribu. Rasanya enak banget. Nah, kira2 kalau buat sendiri modalnya habis berapa ya mbak?
    Pingin buat sendiri, bahan2nya juga gampang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuiii.tumben komen di sini hihi......
      weh, murah itu mb bril kalo bolu tape cuma 28ribu. Chiffon ini modalnya sekitar 30ribu-an kali. Yang mihil kan kejunya itu.

      Hapus
  3. Mau mba...
    Aku dulu pernah bikin chiffon kopinya mba rina, pk tulban, oke jg hasilnya...
    Tp... skrg malah pengen loyang bongpas deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillaah...seneng jika ada yang sukses begini.
      Ayo buruan hunting loyangnya. Setelah dapat segera bikin ya. Kalo pake loyang bongpas, lebih mudah melepasnya daripada pake loyang tulban biasa.
      Happy baking....

      Hapus
  4. Masih blm berhasil bikin chiffon cake, sering kempes. Jadi ga pede... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk cobain lagi. Coba resep di atas trus dipanggang sampai benar benar MATANG. PERMUKAAN HARUS KERING BENAR SUPAYA NGGAK KEMPES. Aku dulu butuh waktu belasan tahun untuk menaklukkan chiffon cake. Lumayan lho bikin adrenalin sedikit naik wkwkwk...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.