Laman

Senin, 22 Februari 2016

Tumis Terong Telunjuk Bumbu Tauco

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamu'alaykum


Sudah lama saya ketemu dengan terong telunjuk ini jika belanja di tukang sayur. Tapi selama ini cuma bengong aja, nggak pernah kepikir untuk mencobanya.
Habis saya ketemu terong telunjuk ini setelah tinggal di Ciledug.Barulah setelah tanpa sengaja ketemu resep di internet, saya kepingin mengolahnya. Sambil tanya-tanya sama pejualnya, saya memutuskan untuk dimasak dengan tahu dan bumbu tauco.
Ketika di Solo belum pernah liat ujudnya. Seperti biasa masakan tumis yang praktis, biar cepet selesai. Setelah matang ternyata enak lho. Secara tekstur terong telunjuk lebih keras daripada terong biasa. Maksudnya terong ungu atau hijau yang biasa dimasak balado atau lodeh itu lho. Jadi kalo pingin agak lembut, bisa dimasak agak lama. Dinikmati dengan nasi anget, Ya Allaah enak banget....

Bahan :
300 gr terong telunjuk
10 bh tahu goreng segitiga, potong sesuai selera
2 sdm tauco
1 sdt kecap ikan 
1 sdm saus tiram
1 sdt gula pasir 
1/4-1/2 sdt garam halus
1/8 sdt merica bubuk
150 ml air
 
Bumbu iris :
6 bh bawang merah
3 siung bawang putih
6 bh cabe merah keriting iris serong
3 bh cabe rawit merah, potong serong
 
Cara membuat :
  1. Cuci terong telunjuk, buang tangkainya kemudian belah memanjang.
  2. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bumbu iris sampai harum. Menyusul kecap ikan, saus tiram dan tauco, lanjutkan menumis sampai bumbu setengah kering.
  3. Masukkan terong dan tahu, aduk sampai rata.
  4. Tuangi air. Beri garam, gula dan merica. Masak sampai terong matang dan airnya habis. Koreksi rasanya. Jika sudah pas matikan api.




وَلَقَدْ اٰتَيْنَا لُقْمٰنَ الْحِكْمَةَ اَنِ اشْكُرْ لِلّٰهِ  ؕ  وَمَنْ يَّشْكُرْ فَاِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهٖ ۚ  وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ  حَمِيْدٌ 

Dan sungguh, telah Kami berikan hikmah kepada Luqman, yaitu, "Bersyukurlah kepada Allah! Dan barang siapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barang siapa tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Mahakaya, Maha Terpuji." ~ QS. Luqman ayat 12
 

2 komentar:

  1. wah sama mba, aku sering banget lihat terong ini di pasar, baru sekali coba masak..
    wah sudah kebayang enak ini mba ditumis pake bumbu tauco gini...tapi aku belum pernah masak tumis terong telunjuk ini, pernah dimasak sama kuah ikan mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake kuah ikan ?? haduuuhhh ngiler akut deh

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.