Halaman

Sabtu, 20 Februari 2016

Usus Ayam Masak Pedas

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Assalamu'alaykum


Beberapa waktu yang  lalu saya beli usus ayam 1/2 kg di tukang sayur. Usus ini kata tukang sayur sudah direbus karena warnanya sudah berubah warna jika dibandingkan dengan yang masih mentah.
Langsung saya beli aja meski nggak tau mau dimasak apa. Setelah masuk rumah, disimpen deh di freezer. Setelah 3 hari baru ingat tuh kalo masih punya usus ayam di freezer. Segera saya eksekusi aja pake bumbu pedas. Biar lebih gurih saya beri sedikit santan. Meski sudah direbus ketika dibeli, saya masih merebusnya sebanyak 3x untuk menghilangkan baunya. Alhamdulillah setelah direbus berulang ulang, baunya bisa berkurang banyak dan siap diolah apa saja.

Bahan :
500 gram usus ayam, direbus
4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
1/2-1 sendok teh garam
1 sendok makan gula pasir
100 ml santan sedang
2 sendok makan minyak, untuk menumis

Bumbu Halus:
1 sdt ketumbar
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
8 buah cabai merah keriting
3 buah cabai rawit merah
1/2 sendok teh ketumbar
3 butir kemiri, disangrai

Cara membuat:
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas sampai harum.
  2. Masukkan usus ayam. Aduk rata.
  3. Tuang santan. Masak sampai mendidih. Tambahkan garam dan gula merah. Masak sampai meresap. Koreksi rasanya. Angkat. Sajikan.

4 komentar:

  1. wah aku belum pernah masak usus ayam mba....bingung ngolahnya
    tapi enak kali ya kalau dimasak begini dan sudah direbus 3x lagi, baunya sudah bener2 hilang....

    makan pake nasi anget...nyam2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usus ayam gini mesti direbus bolak balik biar hilang baunya. Cuma kekurangannya, suka susut bentuknya, rada ciut gitu.

      Hapus
  2. assalamualaikum rina, kaknoor jugak belum pernah makan usus ni boleh lah cuba nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumsalam. Silakan dicoba kak noor, semoga berkenan

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.