Laman

Senin, 29 Februari 2016

Sambal Terong Telur Puyuh


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 

Assalamu'alaykum




Beberapa waktu lamanya saya tidak bikin sambel terong, ternyata orang rumah pada kangen.
Jika dikangeni seperti ini saya hanya bisa mengucap Alhamdulillaah. Artinya masakan saya disukai. Sebenarnya mereka hanya ingin sambel terong doang. Tanpa variasi pun sudah pasti mau. Tapi si emak kan pingin ngisi blog, jadi ya harus divariasi. Kali ini dikasih telur puyuh deh mumpung ada stoknya di kulkas. Resepnya mirip seperti dulu kok, hanya jumlah cabe dan jenisnya sedikit beda, diberi bonus cabe rawit merah biar pedesnya nendang, serta diberi tambahan telur puyuh aja.

Bahan :  
20 butir telur puyuh rebus, kupas kulitnya
5 bh terong ungu ukuran sedang
10 bh cabe merah besar
10 bh cabe merah keriting
5 bh cabe rawit merah
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 bh tomat merah, potong tipis-tipis
1 sdt terasi bakar
3 lbr daun jeruk
1 batang serai
2 lbr daun salam
garam dan gula merah secukupnya

Cara membuat :
1. Cuci terong kemudian potong menjadi 2 bagian. Belah melintang masing masing bagian menjadi 2 bagian lagi. Rendam dalam air garam selama 5 menit, tiriskan. Panaskan wajan teflon, beri sedikit minyak goreng, bakar terong sampai agak kecoklatan.
2. Rebus semua cabe, bawang merah dan bawang putih dalam air mendidih selama 15 menit. Angkat, tiriskan. Uleg/blender bersama terasi sampai halus.
3. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis tomat, daun jeruk, serai dan daun salam sampai tomat agak berkurang airnya. Masukkan cabe halus, dan terasi aduk-aduk sampai rata. Masak sampai agak kering. Bumbui garam dan gula merah. Cek rasanya.
4. Masukkan terong, aduk rata, menyusul telur puyuh, aduk rata kembali. Angkat dan sajikan.

Note :
telur puyuh boleh digoreng dulu sebelum dimasukkan ke dalam sambal terong supaya bagian putihnya tidak mudah koyak dan rasanya jadi lebih gurih. Tapi saya ogah menggoreng telurnya karena suka meletus, hihi...


7 komentar:

  1. Liat sambelnya ga nahan...menggoda gitu mba..paling ngiler liat sambel2an gini..

    eits..tapi kok ga dikasih judul mba postingannya?he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaaa.....iya lupaaaaa makasih udah diingatkan. Diedit dulu deh judulnya, hihi...

      Hapus
  2. Wah ibu rina..nmpk sungguh sedap sambal terung tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaaa...apa kabar cheq da ? Semoga sehat selalu. Tentu saja super sedap sambel terong ini. Apalagi musim hujan begini, paling pas makan sambel terong dan nasi hangat. Nyum nyum

      Hapus
  3. kenapa saya gk peernah kepikiran bikin puyuh balado yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoooo...bikin baladonya sekarang...

      Hapus
  4. makasih mba buat resepnya, kebetulan banget aku doyan sambal dan terong, aku izin sher ya mba ke grub pribadiku, makasih sebelumnya

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.