Laman

Kamis, 10 September 2015

Oseng Kecipir Dan Tahu

Assalamualaykum


Sempat mati ide mau masak apa dua hari lalu. Ketika belanja sebenarnya saya asal nyomot aja kecipir 1 bungkus.
Kebingungan ini saya utarakan pada tukang sayur langganan dan di nasihati untuk bikin oseng kecipir dan tahu. Sip. Mau tuh kalo pake tahu karena pasti pada doyan. Resep ini mirip dengan oseng yang dulu saya olah, dengan modifikasi tentunya. Tempenya diganti tahu goreng. Masak kecipirnya rada lamaan dikit biar empuk dan bumbu meresap. Trus ditambahain toge kedelai favorit suami biar semangat makannya. Ternyata bener apa kata tukang sayur. Kecipir dan tahu ternyata enak lho.

Oseng Kecipir Dan Tahu
Sumber : Oseng Kecipir Dan Tempe
Modif : Rina Audie

Bahan :
200 gr kecipir
10 bh tahu goreng segitiga, posong seuai selera
10 bh cabe merah keriting, iris serong tipis
1 sdt kecap ikan
1 bh tomat merah, potong kasar
2 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
200 ml air
50 gr toge kedelai

Bumbu tumbuk :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih

Cara membuat :

  1. Siangi kecipir kemudian potong-potong setebal 1/2 cm.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu tumbuk sampai wangi. Masukkan cabe, kecap ikan dan tomat merah. Biarkan cabe sampai layu.
  3. Menyusul kecipir, kecap manis, garam, gula dan air. Aduk rata dan biarkan mendidih. Setelah mendidih biarkan beberapa saaat supaya kecipir jadi empuk.
  4. Koreksi rasanya kemudian masukkan tahu goreng, masak sampai air agak menyusut. Jika air menyusut banyak tapi belum meresap/matang, tambahkan air panas. Terakhir masukkan toge kedelai, aduk sebentar. Angkat dan sajikan hangat.

2 komentar:

  1. sambel mana sambel hehehe....menu sederhana tapi selalu bikin nambah ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. tul bu gulu. Eh bumil masih berani makan sambel to hihi...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.