Halaman

Rabu, 23 September 2015

Kikil Dan Kentang Masak Pedas Manis

Assalamualaykum


Masak kikil lagiiii hihi....sering banget kayaknya saya ngolah kikil. Jangan bosen yah pemirsa kalo terlalu banyak olahan kikil di blog ini.
Kali ini kikilnya diolah dengan kentang. Karena di rumah penggemar kecap manis, ya gampang saja. Asal ada kecap dan cabe, udah jadi deh. Sebenarnya mau memberdayakan kentang yang sudah teronggok di dapur agak lama. Sebelum rusak harus punya ide untuk segera menghabisi si kentang. Resepnya gampang kok cuma cemplang cemplung aja. Kentangnya digoreng dulu sebelum dimasak bareng kikil supaya tidak hancur.

Bahan :
500 gr kentang
300 gr kikil sapi yang telah direbus, potong dadu
2 cm lengkuas, memarkan
2 cm jahe, memarkan
2 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
1 sdm saus tiram
1 sdt kecap asin/ikan
10 bh cabe merah keriting, iris serong tipis
2-3 sdm kecap manis
1/2-1 sdt garam
1 sdt gula pasir/merah
1/8 sdt merica bubuk
200 ml air
2 bh wortel, iris tipis serong
150 gr buncis, potong 1-2 cm
1 batang daun bawang, iris tipis

Bumbu tumbuk
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Kupas kentang kemudian potong dadu. Cuci berulang kali sampai bersih, tiriskan. 
  2. Panaskan minyak cukup banyak, goreng kentang sampai matang, angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan sedikit minyak sisa meggoreng kentang, tumis bumbu tumbuk sampai wangi, masukkan lengkuas, jahe, daun jeruk, daun salam, kecap ikan dan cabe merah. Aduk-aduk sampai cabe layu.
  4. Masukkan kikil, saus tiram, kecap manis, garam, gula, merica dan air. Biarkan mendidih dan bumbu meresap ke dalam kikil.
  5. Masukkan kentang goreng, aduk rata kembali. Jika dirasa terlalu kering, tambahkan air panas. Koreksi rasanya . 
  6. Masukkan wortel dan buncis, aduk rata kembali. Masak sampai sayur setengah matang. Terakhir masukkan daun bawang, aduk sebentar kemudian matikan api. Sajikan bersama nasi hangat.
 

2 komentar:

  1. nampak sedaplh rina..salam idul adha ..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam idhul adha juga buat zila (peluk dari jauh). Alhamdulillah enak banget nih kikil kentang dimasak pedas manis. Bisa ngabisin nasi

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.