Laman

Selasa, 08 September 2015

Daun Pepaya Jepang Masak Tauco

Assalamualaykum


Sudah lama saya nggak ketemu daun pepaya jepang. Kangen. Ketika belanja di pasar saya ketemu ibu-ibu yang menenteng seikat daun pepaya jepang.
Seketika langsung bertanya dan diberitau tempat penjualnya. Akhirnya saya samperin dan dapatlah daun pepaya jepang idaman (peluk-peluk). Selama musim kemarau ini saya agak kesulitan mendapatkan daun pepaya jepang. Langsung saya berandai-andai jika punya pohonnya pasti tiap kali kepingin tinggal petik di halaman. Sayang saya tidak punya halaman, jadi semua tanaman harus masuk pot. Selain itu saya nggak tau harus beli di mana bibit pepaya jepang ini. Setelah dapat daunnya saya segera eksekusi dengan bumbu tauco. Jika sebelumnya saya masak dengan bumbu ebi dan kemiri, kali ini saya beri tauco. kemiri saya hilangkan dan diganti tauco. Ebi tetep dipake karena bikin masakan tambah gurih. Selain itu saya punya cabe kering, masukin aja sekalian. Dari segi rasa cabe kering ini tidak sepedas cabe segar. Tapi ketika ditumis dalam minyak, aromanya alamaaakkk sangat sedep dan menguar.....bisa bikin perut langsung keroncongan. Kepingin nggak masak daun pepaya jepang ? Nggak pait lho, swear.

Daun Pepaya Jepang Masak Tauco
Sumber : Oseng Daun Pepaya  Jepang
Modif : Rina Audie

Bahan :
1 ikat daun pepaya jepang
150 gr tempe, potong dadu
10 buah cabe merah keriting kering, iris serong tipis
4 bh cabe merah keriting segar, iris serong tipis
2 sdm tauco
1/4 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 sdt saus tiram
100 ml air

Bumbu tumbuk :
5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt ebi, rendam air panas sampai lunak

 Cara membuat :

  1. Siangi daun pepaya jepang kemudian cuci bersih, sisihkan. Goreng tempe sampai matang, sisihkan.
  2. Tumis bumbu tumbuk, semua cabe dan tauco sampai matang dan cabe jadi layu.
  3. Masukkan tempe, daun pepaya, garam, gula, saus tiram dan air. Masak sampai mendidih dan daun jadi layu. Koreksi rasanya. Jika suka kaldu bubuk boleh ditambahkan.
  4. Setelah matang matikan api. Sajikan bersama nasi hangat.
 



2 komentar:

  1. di Jepang sendiri ga ada pohon pepaya...hehe...pernah ada buah pepaya di pasar tapi langka, jarang banget dan bukan produk asli Jpn, biasanya impor dari negara lain. Pepaya yang pernah saya beli disana, keciil ukurannya, kulit dan dalamnya kekuningan, kadang ada rasa-rasa pahitnya, kurang manis :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakaaa...terus pada dapat darimana ya istilah daun pepaya jepang. Kalo dipikir pepaya tuh pohon tropis yah hihihi.... ketauan dudulnya nih, jadi geli deh um. Tapi makasih atas koreksinya. Lain kali nggak pake sebutan itu lagi deh. Berarti masih jauh lebih enak pepaya kita yah. Muanis trus gede-gede buahnya meski kadang berair.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.