Laman

Jumat, 21 Agustus 2015

Pempek Nasi

Assalamualaykum


Beberapa hari terakhir ini nasi di rumah selalu bersisa. Mau semangkuk. setengah mangkuk atau paling cuma seiprit.
Nasi sisa ini kadang bikin saya harus memutar otak gimana caranya supaya bisa termakan dan tidak basi. Karena lama tidak bikin pempek akhirnya tercetus ide untuk bikin pempek. Resep nasi pempek ini sangat mudah kok. Praktis juga karena kalo bikin pempek bisa dibuat sore, setelah direbus simpan ke dalam kulkas dan besok bisa digoreng. Setelah matang ternyata anak-anak pada doyan. Cepet habis pempeknya. Dari segi tekstur pempek nasi ini lebih padat. jika pempek ikan lebih kenyal, lha ini lebih bikin kenyang. Karena di kulkas telurnya cuma satu butir, telur ini saya masukkan ke dalam adonan pempek saja. Dan bentuk yang dibuat hanya lenjer. menggoreng pempek saya lakukan di atas wajan teflon anti lengket saja, tidak deep fry. Biar irit minyak, hihi...Hasilnya warna pempek memang tidak begitu rata tapi tidak masalah buat saya karena toh bagian dalamnya sudah matang karena direbus dulu sebelumnya. Ketika digoreng dan berubah warana, saya kok mencium aroma seperti jadah (uli) bakar ya hihi....bener nggak bohong, aroma pempek nasi yang sedang digoreng mirip dengan uli bakar lho.



Bahan pempek :
225 gr nasi putih
225 ml air
1/2 sdm garam
1 butir telur utuh
250 gr tepung tapioka/aci/kanji

Bahan kuah cuko :
500 ml air
200 gr gula merah
100 gr gula pasir
100 ml air asam jawa

Bumbu yang dihaluskan untuk kuah cuko:
8 siung bawang putih
5 bh cabe merah besar
3 bh cabe merah keriting (saya nggak pake)
1,5 sdm ebi, rendam air panas sampai lunak
1/2 sdm garam

Cara membuat :
  1. Kuah cuko : Dalam sebuah panci masukkan air, gula merah, gula pasir, air asam dan bumbu halus. Rebus sampai mendidih. Cicip rasanya. Jika kurang, bisa ditambah gula dan cuka. Angkat dan saring. Buang ampasnya.
  2. Aduk-aduk nasi supaya tidak menggumpal kemudian masukkan ke dalam panci. Tuangi air dan masukkan garam, aduk rata menggunakan sendok kayu. Nyalakan api kemudian rebus sambil sesekali diaduk (supaya tidak berkerak) sampai air habis. Jika nasi kelihatan masih berbutir (tidak hancur) tidak mengapa. Dinginkan.
  3. Masukkan bubur nasi ke dalam wadah besar. Masukkan telur, uleni rata. Menyusul tepung tapioka dan uleni lagi sampai kalis (tidak lengket) dan mudah dibentuk.
  4. Didihkan air cukup banyak dalam panci. Ambil adonan secukupnya dan bentuk seperti silinder. Segera masukkan ke dalam air mendidih dan rebus sampai mengapung. Angkat dan tiriskan. Biarkan dingin.
  5. Panaskan sedikit minyak di atas pan anti lengket. Goreng pempek sampai warnanya kuning kecoklatan. Potong-potong dan sajikan bersama kuah cuko.
 


6 komentar:

  1. itulah kenapa aku sering bikin mpek2 nasi,lebih lembut menurutku hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup setuju lebih lembut memang. Dan bikin cepet wareg hihi...

      Hapus
  2. dan aku baru tahu, welah ternyata bisa juga nasi dibuat pempek, tahu gitu kan kemarin kemarin aku buat itu nasi...kalau nasi goreng kan bosen y, TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk bikin pempek nasi biar ada variasi olahan nasi sisa

      Hapus
  3. Dari resep sih gampang, tapi kalau bikiin langsung suka gagal, uhuk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gagal gimana ? Lembek banget nggak bisa dibentuk ? Atau dalamnya nggak mateng gitu ?

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.