Halaman

Selasa, 18 Agustus 2015

Oseng Tempe Ikan Tongkol

Assalamualaykum


Masih bikin lauk sehari-hari yang mudah dan murah.
Tempe ni kagak ada matinya ya jika diolah berbagai macam olahan. Mau dimasak pake santen, dioseng atau dibuat tempe kering tetep aja enak. variasi yang paling banyak di dapur saya adalah oseng tempe. Iya. Di rumah paling suka dengan oseng tempe karena jika dimasak dengan citarasa manis pasti pada habis. Biasaaaa orang jawa gitu. Kan senengnya yang manis-manis. Belum lagi orang-orangnya yang berkulit sawo mateng dan kelihatan manis, hehe..... Kembali ke resep ya. Resep ini dibuat karena tukang sayur bawa pindang tongkol di gerobaknya. Kalo yang namanya pindang/cuwe pasti tuh pada rebutan kayak kucing rumah yang selalu kelaparan. Berdasarkan kenyataan tersebut, Oseng Tempe Suwir Ayam yang dulu pernah dibuat, maka jadilah oseng ini. Bikinnya gampil kok wong cuma cemplang cemplung, aduk-aduk dan icap icip, udah deh jadi osengtempe yang laziz....

Bahan :
300 gram tempe, potong korek api, goreng
100 gr cuwek/pindang tongkol, goreng, suwir kasar
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas memarkan
4 buah cabai hijau besar, potong serong
4 bh cabai merah keriting, iris serong
3 bh cabe rawit merah, iris serong
150 ml air
1 sendok makan saus tiram
1 sendok makan kecap manis
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan gula merah, disisir
1 batang daun bawang, potong 1 cm
2 sendok makan minyak, untuk menumis

Bumbu iris halus:
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih

Cara membuat :
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu iris halus, daun salam dan lengkuas sampai harum. Masukkan cabai. Aduk sampai layu.
  2. Masukkan tempe, tongkol goreng, saus tiram, kecap manis, garam, dan gula merah. Aduk rata.
  3. Tuang air. Aduk sampai meresap. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.