Halaman

Selasa, 23 Juni 2015

Sambel Goreng Buncis Bumbu Tauco

Assalamualaykum


Ketika buka-buka freezer tanpa sengaja saya nemu udang sebungkus di dalamnya. Berasa dapat harta karun nih hihi....
Lha gimana enggak wong namanya udang itu bisa dimasak apa aja kok. Sesalah salahnya masak udang hasilnya pasti enak. Setelah dibersihkan dan ditimbang masih ada 100 gr. Lumayan deh buat nyayur buat buka puasa. Ketika belanja di tukang sayur saya beli buncis aja buat masak sambel goreng. Ketika nyari rempah dapur di kulkas, eh ketemu tauco juga hehe....sip deh. Ditambah tauco pasti bakal lebih enak. Dan beneran nih begitu buka puasa yang ambil nasi dibanyakin sampai-sampai kucing di rumah kurang jatah nasinya hihi....Bagaimanapun juga alhamdulillah, meski sederhana tetep aja nikmat....

Bahan :
100 gr udang kupas
250 gr buncis
2 sdm tauco
200 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
350 ml santan encer (dari sisa perasan santan kental tadi)
3 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
1 batang serai, memarkan
sepotong kecil lengkuas
3/4 sdt garam
1 sdt gula
1/4 sdt merica bubuk

Bumbu halus :
1 sdm ebi, rendam air panas sampai lunak, tiriskan
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting
3 cm kunyit
3 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Siangi buncis kemudian potong sepanjang 1-2 cm, sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas. Tumis sambil diaduk-aduk sampai bumbu matang dan agak kering.
  3. Masukkan tauco dan udang. Tuangi santan encer. Beri garam, gula dan merica. Masak sampai mendidih.
  4. Setelah santan agak menyusut, masukkan buncis. Tuangi santan kental dan biarkan mendidih. Masak sebentar kemudian matikan apinya.

2 komentar:

  1. Jadi lapar liat fotonya, Mbaak...#tutup mata

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...jam segitu emang perut sudah kosong. Apalagi dipake liat food blog gini jadi kemruyuk

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.