Lontong Tahu Kuah Asam Manis

Assalamualaykum


Entah kenapa beberapa hari terakhir saya males makan nasi. Pinginnya makan ketupat atau lontong.
Tiap hari di dekat rumah pasti ada yang jual ketupat sayur atau lontong sayur. Cuma saya lagi nggak selera makan kuah santan yang rich. Maunya yang ringan, manis asem, biar seger untuk menangkal cuaca panas. Akhirnya bikin kuah seperti kuah cuko tapi diberi sedikit kecap manis. Untuk isinya saya nyontek isian kupat tahu ala Solo atau Magelang. Yaitu tahu goreng, bakwan, toge dan kol kemudian ditaburi kacang goreng. Kalo kuah seperti ini saya yakin semua pasti bisa hehe.... Pas dan cocok deh disandingkan dengan lontong tahu. Lumayan bikin kenyang lho menu satu ini.



Bahan kuah :
5 siung bawang putih, cincang kasar
500 ml air
150 gr gula merah
50 gr gula pasir
2-3 sdm kecap manis
1 sdm asam jawa, larutkan 100 ml air panas
1/2-1 sdt garam

Bahan pelengkap :
5 bh tahu kuning
100 gr toge, seduh air panas
200 gr kol, iris tipis
3 bh lontong, potong bulat
5 bh bakwan siap pake, potong-potong
cabe rawit merah secukupnya

Bahan taburan :
bawang goreng
kacang tanah goreng
daun seledri, iris tipis

Cara membuat :
  1. Kuah : campur bawang putih, air, gula merah, gula pasir, kecap manis dan garam, rebus sampai mendidih. Masukkan air asam jawa sambil disaring, aduk rata. Koreksi rasanya. Harus manis asem dan sedikit gurih. Angkat dari api dan dinginkan.
  2. Potong dadu tahu kuning. Panaskan minyak cukup banyak, goreng tahu asal berkulit. Angkat dan tiriskan.
  3. Penyelesaian : gerus cabe rawit 1-2 bh (sesuai selera) langsung di atas mangkuk. Tata lontong, tahu, bakwan, toge dan kol. Tuangi kuah kemudian beri taburan. Sajikan.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

6 komentar

idenya ada aja,lontong kuah asam manis,baru denger hehehe...

huwaaa bu gulu ke mana aja nggak pernah nongol. Kangeeeennnn...
itu sebenarnya kuah cuko pake kecap manis. Setauku cuko nggak pake kecap, kalo judulnya nekat dengan embel-embel cuko, ntar diprotes dong dianggap nabrak pakem hehe...

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Waah...kebayang sedepnya Mbaak...#ngeces

silakan...semoga cocok ya

iya um ini sueger banget lho

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon