Laman

Rabu, 10 Juni 2015

Martabak Telur Isi Telur Puyuh

Assalamualaykum


Kangen deh sama martabak telur. Kangen bikin kulitnya yang bisa dijembreng itu loh hihi....
Setelah bisa bikin martabak telur seperti abang-abang kaki lima akhirnya saya dapat ide lagi untuk membuatnya. Kali ini saya beri tambahan telur puyuh. Resepnya sama plek dengan yang dulu hanya takaran kulitnya saya tambahi biar jadi banyak. Seneng deh setelah bisa bikin martabak telur ini. Perasaaan kayak ketagihan hihi... Setelah matang martabak ini saya cocol pake sambel botolan aja dan nggak pake kuah martabak. Kapan-kapan bikin lagi tapi pake kuah khusus martabak biar mirip dengan yang dijual itu.


Martabak Telur Isi Telur Puyuh
Sumber : Martabak Telur
Modif : Rina Audie

Bahan kulit :
200 gr terigu protein tinggi
1/4 sdt garam halus
130-140 ml air suhu ruang
3 sdm minyak goreng
minyak goreng cukup banyak untuk merendam

Bahan isi :
6 butir bawang merah*
4 siung bawang putih*
1 sdt ketumbar*
2 butir kemiri*
1/2 sdt jintan*
1/6 butir biji pala*
200 gr daging sapi/ayam, cincang halus
3 bh sosis, potong dadu
2 sdt bubuk kari
1 batang daun bawang, iris halus
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
50 ml air

Bahan campuran per bagian :
2 batang daun bawang, iris halus
1/2 butir bawang bombay
3 sdm tumisan daging/ayam
2 butir telur bebek/ayam
sejumput garam dan merica bubuk (optional)
3 butir telur puyuh rebus, kupas, belah 2 bagian

Cara membuat :

  1. Kulit : Campur terigu, garam dan air sedikit demi sedikit, uleni sampai menggumpal. Masukkan minyak goreng, uleni kembali sampai kalis elastis. Bagi jadi 4 bagian kemudian bulatkan. Letakkan bulatan tadi di dalam mangkuk berisi minyak goreng dan direndam selama 2 jam. Sisihkan.
  2. Isi : haluskan semua bahan bertanda *. Panaskan sedikit minyak kemudian tumis sampai wangi. Masukkan ayam, sosis, bubuk kari, garam, gula dan merica. Tuangi air dan masak sampai air mengering. Koreksi rasanya. Terakhir masukkan daun bawang dan aduk rata. Matikan api, dinginkan.
  3. Penyelesaian : siapkan wajan datar anti lengket (minimal) diameter 28 cm. Biarkan kering tanpa dioles minyak. Ambil satu buah bulatan kulit. Letakkan di atas wajan. Tipiskan menggunakan telapak tangan supaya melebar. Setelah adonan agak tipis tekan-tekan sambil dilebarkan menggunakan jempol dan jari sehingga adonan jadi tipis dan transparan. Jika lebarnya melebihi wajan tidak mengapa. Sisihkan.
  4. Dalam mangkuk ukuran sedang campur semua bahan campuran kecuali telur puyuh, aduk sampai rata. Tuang bahan campuran ini ke atas kulit. Tata telur puyuh di atasnya kemudian lipat bentuk amplop. Nyalakan api kecil-sedang. Setelah panas beri minyak goreng. Goreng martabak sampai bawahnya kuning kecoklatan. Balik sekali dan goreng sampai matang. Angkat dan sajikan hangat.
Hasil : 4 buah





6 komentar:

  1. Pagi-Pagi udah ngiler sama martabaknya mb Rina nih hihihi...simpen ahh..belanja dan dicoba ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bikinnya udah kemarin kok. Kalo udah longgar dibikin ya. Ternyata gampang lho buat kulit martabak gini.

      Hapus
  2. duh,siang2 kesini disuguhin martabak hehehe...

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. insya allah mudah. Ayo dicobain. Seandainya nanti kulitnya ditipiskan dan robek dikit gak papa lah. Kan lagi latihan. Besok-besok bisa dicoba lagi. Lagian masih bisa dimakan kok hehe....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.