Laman

Senin, 15 Juni 2015

Balado Cuwe Bumbu Ebi

Assalamualaykum


Hari Sabtu yang lalu di tukang sayur saya melihat banyak ikan cuwe/pindang besek'an.
Pingin deh goreng cuwe sebagai teman sayur bening. Pasti cocok nih sayur bening ditemani cuwe goreng. Plus sambel tentunya. Saya mikir cuwenya dibikin balado aja tapi bumbunya dimodif dikit. Karena dulu saya pernah bikin sambel ebi, sekarang kok kepingin lagi. Kangen gitu dengan rasa ebi yang gurih. Sebagai penyedap sambel, ebi enak juga meski saya lebih suka terasi jika disuruh milih hehe...buat variasi aja biar nggak bosen. Resep sambelnya lebih sederhana daripada yang pernah saya bikin. Selain itu saya menambahkan santan kental supaya lebih laziz rasanya.


Bahan :
8 ekor ikan cuwe/pindang
1 butir tomat merah, iris tipis
3 lbr daun jeruk
150 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1/4 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Bahan sambel :
5 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting
3 bh cabe rawit merah
2 sdm ebi, rendam air panas sampai lunak, tiriskan
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih

Cara membuat :
  1. Cuci ikan cuwe menggunakan air hangat, tiriskan. Goreng sampai matang, sisihkan.
  2. Haluskan semua bahan sambel menggunakan cobek atau jika ingin lebih cepat pake blender juga boleh. Sisihkan.
  3. Panaskan sedikit minyak, masukkan tomat iris dan daun jeruk. Aduk-aduk sampai tomat layu. Masukkan cabe halus, aduk sampai agak mengering. 
  4. Beri garam, gula dan santan, lanjutkan menumis sampai santan menyusut dan sedikit mengental. Koreksi rasanya. Jika suka kaldu bubuk/penyedap rasa silakan ditambahkan. 
  5. Masukkan cuwe goreng, aduk rata. Matikan api. Sajikan bersama nasi hangat dan lalap.


2 komentar:

  1. Putra sulung saya doyan bangeet sama ikan pindang ini...cuma digoreng biasa aja sampa nambah-nambah makannya...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah si sulung gampang dong makannya. Jaman kecil dulu kalo saya ditambahin sambel kecap um. Wuih endes banget.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.