Mi Goreng Basah Bumbu Ebi

Tags

Assalamualaykum


Seperti biasa kalo hari Minggu saya menginginkan masak yang cepat dan praktis.
Karena kalo hari Minggu saya mesti harus setrika baju. Pekerjaaan yang paling tidak saya sukai seumur hidup saya. Beneran ini. Meski saya suka berada di dalam rumah dan mau mengerjakan pekerjaan seperti ibu rumah tangga pada umumnya, tapi khusus setrika baju saya sangat tidak suka. Panas, trus harus duduk berjam-jam sampai sampai pinggang terasa pegal. Seumur-umur saya baru ketemu satu orang yang sangat menikmati pekerjaan setrika baju ketika masih kerja di Bawen dulu. Namanya Mbak Kustini, senior saya. Dia bilang "aku tuh kalo setrika baju sambil ngadep kipas angin dan dengerin radio Rin. Jadi nggak bosen dan enjoy banget. Aku betah setrika dari siang sampai sore". Alamak...boro-boro sampai selama itu. Satu jam pun saya sudah merasa tersiksa oleh panas dan keharusan melipat baju secara rapi. Meski kalo setrika saya pake kipas angin, tetap aja setrika merupakan pekerjaan yang tidak saya sukai. Titik.

Setelah ngoceh nggak karuan berbau curcol, sekarang kita kembali ke resep ya. Resep ini sebenarnya mi goreng biasa yang sering saya bikin. Cuma modifikasi sedikit dengan menambahkan air supaya tidak kering. Awalnya sih saya sering (dulu) buatin suami mie goreng kuah. Lho ?? Mie goreng kuah tuh kayak gimana ?? Ya mi goreng instant yang diguyur kuah gitu. Jadi setelah mie direbus, dituang ke dalam mangkok berisi bumbu sekalian kuahnya. Tapi sedikit. Jadi airnya nggak ditiriskan semua gitu. Ternyata enak lho mie goreng pake kuah sedikit ini. Akhirnya setelah beberapa kali bikin saya kok kepingin bikin mie goreng sendiri tapi diberi air sedikit biar agak basah. Dan hari minggu kemarin saya bikin untuk kesekian kalinya. Alhamdulillah bisa dijepret karena biasanya sudah habis duluan. Rasanya enak banget lho karna pake ebi. Isian yang dipake suka-suka aja ya. Boleh pake wortel, kol, ayam, bakso, telur atau yang lain.


Bahan :
1 bungkus (140gr) mie telur kering
1 batang daun bawang, iris tipis
1 sdt kecap ikan
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
175 ml air
5 batang sawi, iris 2 cm
2 buah sosis, potong bulat
1 bh tomat merah, potong 6 bagian
1/4 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/8 sdt merica bubuk
bawang goreng untuk taburan

Bumbu halus :
1 sdm ebi yang sudah direndam air panas sampai empuk
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Rebus mie telur sampai matang, tiriskan dan sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus sampai wangi dan agak kering. Masukkan daun bawang, kecap ikan, saus tiram, kecap manis dan 75 ml air. Aduk-aduk sampai mendidih dan mengental.
  3. Tuangkan sisa air, sawi, sosis dan tomat. Bumbui garam, gula dan merica. Setelah mendidih koreksi rasanya.
  4. Terakhir masukkan mie yang telah direbus, aduk sampai rata dan air agak mengering. Jika air terlanjur kering boleh ditambah sedikit lagi. Matikan api. Angkat mie dan selagi panas sajikan bersama bawang goreng.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

12 komentar

Aaahhh... mba menggoda sy ya....?
Tega deh...

Hiks....

e eh,itu apa bulet2 kecil 2 disamping piring??
aih,mauuuuuu...terakhir makan mie semalem,itupun sikit dan ngincip hehehehe

Aduh , kesukaan saya nih mbak ...

wah kacian bumil deh sampe ngeces gitu hehe...

nyesel dong kalo cuma nyicip sedikit hhehe

Airnya nyemek2 gt yaa mba...wihh enak bgt..hikss sayangnya lg musuhan ma dpur,jd gk bs masak..tiap kdapur bawaannya mual,tp klo makan sihh doyan..cb tu mie goreng dilemparin ksini hehehehhe

iya betul nyemek-nyemek. Kenapa mual ? Ngidam to ? Kalo deketan aku buatin trus tak anter ke rumah deh

Iya mbaa...hehehhehee,pdhal sblumnya lg doyan bgt cobain resep masakan apa aja..skrg harus pisah ranjang dl dehh dr wajan dkk.

waaa selamat ya. Kalo gitu istirahat aja dulu deh. Emang kalo ngidam biasa musuhan sama makanan hehe...soal baking, ditinggal aja dulu, ntar kalo dah beneran sehat bisa mulai lagi ya

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon