Halaman

Selasa, 24 Maret 2015

Oseng Cuciwis Tempe

Assalamualaykum


Pernah lihat cuciwis ? Kalo belum nggak papa deh. Kalo dibilang katrok, toss....
Pertama kali lihat cuciwis saya sempat heran, sayur apaan ya ini ? Bentuknya seperti kol mini dan berwarna hijau. Ketika bertanya oleh tukang sayur dijawab "itu criwis bu". Hah ??? Emang ada sayur yang bernama criwis ? Perasaan yang namanya criwis itu bibir orang deh hihi....Setelah tukang sayur pergi segera buka internet dan ternyata si criwis itu tadi adalah cuciwis. Menurut kamus di internet cuciwis merupakan pucuk-pucuk kol yang biasanya terdapat di batang kol dan sengaja dibuang agar kol bisa tumbuh bagus (detikfood). Ini adalah pertama kalinya saya masak cuciwis. Sengaja masak yang mudah dengan bumbu sederhana supaya tahu rasanya. Jika cocok akan masak lagi dengan bumbu berbeda. Setelah matang ternyata enak lho cuciwisnya. Cuciwis ini dimasak tidak telalu lembek supaya masih bisa mendapatkan teksturnya yang kresss. Penasaran dengan si criwis ini ? Cobain yuk....

Bahan :
125 gr cuciwis
150 gr tempe, potong dadu
1 sdt kecap ikan
1 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
125 ml air
1/4 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/8 sdt merica bubuk

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 bh cabe merah besar
6 bh cabe merah keriting

Cara membuat :
  1. Cuci cuciwis sampai bersih kemudian belah memanjang. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu iris sampai wangi, menyusul kecap ikan. Aduk-aduk sampai bumbu jadi layu.
  3. Masukkan tempe, saus tiram, kecap manis, garam, gula dan merica, aduk rata. Tuangi air, masak sampai mendidih dan air agak menyusut. Koreksi rasanya.
  4. Terakhir masukkan cuciwis dan masak sampai layu. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat.
 

8 komentar:

  1. cuciwis??hehehe..baru tau,kalau dilihat secara langsung kayak daun brokoli ya mbak,kembaran ya sama kol hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuciwis ini adiknya kol karena tumbuh di tempat yang sama. Setelah di Ciledug aku baru tau ada macam-macam sayur yang tidak ada di Solo. Kalo pas jalan-jalan dan liat si criwis ini, cobain deh. Enak kok krius-krius rasanya.

      Hapus
  2. Hihihi... criwis...
    Liat gambar di atas kirain sawi mini... hehe... bm prnah nyobain...

    BalasHapus
  3. Pernah liat sayur ini tapi ragu2 mau beli...hehe...baru tau klo namanya cuciwis...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ketemu lagi coba beli deh um. Enak kok renyah kriuk-kriuk. Nggak pait lagi...

      Hapus
  4. kalau sama ibu saya dijadiin campuran gudeg mb, hehe..eh..tp kayaknya buat campuran sop enak juga ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat campuran gudeg ? Wah malah dapat ide baru nih. Makasih ya tuk penjelasannya.
      kalo untuk sop belum pernah nyobain. Kapan-kapan deh bikin sop criwis

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.