Tahu Bacem Pedas Gurih

Assalamualaykum


Banjir yang melanda selama 2 hari (Senin dan Selasa) di sekitar tempat tinggal saya benar-benar bikin senewen. Bagaimana tidak, ketika banjir terjadi persediaan sayur, buah dan lauk kebetulan habis sama sekali.
Meski tempat tinggal saya tidak kebanjiran tapi akses jalan terputus. Mau ke pasar tidak bisa. Kepaksa makan mie instant yang sudah lama saya hindari. Akhirnya setelah banjir surut segera bergegas ke pasar. Sesampainya di sana saya malah bingung mau beli apa hihi...Seperti biasa kalo bingung sasaran saya adalah beli tahu. Sesampainya di rumah langsung cari resep dan kecantol resep bacem di Tabloid Saji. Bacem ini tidak dimasak dengan air kelapa tapi pake santan. Pas deh dengan persediaan santan yang ada di freezer. Pada umumnya bacem dimasak sampai kuahnya asat (kering) kemudian digoreng sebentar supaya gurih. Tapi kali ini kuahnya disisakan dan tidak digoreng. Orang rumah suka dengan kuah bacem yang diguyurkan di atas nasi. Bacem ini sempat saya inapkan semalam supaya meresap. Keesokan harinya dipanaskan kembali dan hmmm....sungguh nikmat rasanya karena bumbu lebih meresap ke dalam tahunya.

Bahan :
15 bh tahu kulit segitiga
1 lbr daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
750 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sdm kecap manis
50 gr gula merah
1-2 sdt gula pasir
1 sdt garam
1 sdm air asam jawa

Bumbu tumbuk :
1 sdt ketumbar
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 bh cabe merah besar
3 bh cabe rawit merah
3 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Rebus tahu dalam air mendidih selama 15 menit. Tiriskan dan dinginkan. Setelah dingin peras satu persatu sampai airnya habis. Peras pelan-pelan supaya tidak hancur. Cara ini untuk menghilangkan bau tahu yang asam. 
  2. Letakkan semua bahan di atas wajan lebar, bumbu tumbuk, daun salam, lengkuas, kecap manis, gula merah, gula pasir, santan, garam dan tahu. Jika tahu belum terendam, tambahkan santan encer sisa perasan santan sebelumnya. Nyalakan api sedang kemudian rebus sampai mendidih. Setelah mendidih kecilkan apinya, biarkan santan menyusut dan bumbu meresap. 
  3. Masukkan air asam, aduk rata. Koreksi rasanya. Jika santan menyusut tapi bumbu belum meresap, tambahkan air panas dan lanjutkan merebus tahu. 

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

Langganan banjirbya mba daerah rumahnya? Duuhhh... mdh2n cpt surut deh airnya...

Wah, tahunya keliatan mantep ni mba, sama lontong juga asyik kali yah...

beberapa tahun terakhir ini sering kebanjiran bu gulu huhu...capek deh kalo musim hujan bawaannya deg-degan mulu takut kebanjiran....
pake lontong ? wah sip idenya ini bu. Thank you....

Waah... Memang klo banjir ga enak banget ya Mbak... Mudah2an ga banjir lagi...
Btw saya bawa nasi anget, buat temen tahu bacemnya... Hehe

banget um. Sengsara rasanya kalo banjir hihi...
iya ini pake nasi anget juara deh pokoknya...

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon