Laman

Kamis, 13 November 2014

Puding Karamel Tanpa Telur

Assalamualaykum


Beberapa hari belakangan ini saya bingung mau posting resep apaan. Ini karena saya puyeng melihat daftar resep yang sudah menumpuk tapi belum dibikin juga.
Banyak diantaranya yang sudah nginep lebih dari setahun di bookmark hihi....Daripada bingung saya browsing internet saja dan kecantol puding karamel ini. Puding ini sudah populer di negeri jiran. Ketika melihat bahannya yang simpel dan tersedia di dapur, segera cari-cari resep yang takarannya mudah saya pahami. Akhirnya mendarat deh di blognya Nadz Nazharzan. Di sana disebutkan penggunaan susu cair sebanyak 400 ml (biasanya cuma 1 tin saja) kemudin dicampur air. Supaya lebih mudah dimengerti, resep saya tulis lebih sederhana ya. Selain itu saya tambahi garam supaya lebih gurih dan rasa manisnya sedikit menguat. Jumlah cairan saya kurangi karena menyesuaikan dengan berat agar-agar yang dipakai.


Ketika membaca resepnya yang menggunakan loyang tanpa dioles minyak/margarin sempat membuat ragu, apakah pudingnya tidak lengket di loyang sehingga susah dilepas. Setelah puding saya keluarkan dari kulkas, saya mencoba mengikis sedikit pake pisau kemudian menarik sisinya menjauh dari loyang. Setelah puding terlihat longgar dan bisa diputar-putar di dalam loyang, segera deh ambil piring untuk membalik puding. Ternyata mudah lepas !! Nggak disangka, meski puding ini loyangnya tidak dioles minyak atau dibasahi air, tapi bisa lepas dari loyang dengan mudah. Selain itu karamel yang telah beku di dasar loyang bisa mencair sehingga menyelimuti permukaan puding dan sebagian meleleh ke bawah. Hmm slruuuppphhh....Hasilnya adalah puding yang lembut dan tidak terlalu manis. Pas dengan selera saya. Penasaran dengan puding yang loyangnya nggak perlu dibasahi atau dioles minyak ? Ayo bikin resep ini....


Puding Karamel Tanpa Telur
Sumber : Cute Oven Small Kitchen
Modif : Rina Audie

Bahan :
2 sdm gula pasir
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk putih
100 gr gula pasir
3 sdm tepung jagung/maizena
1000 ml (1 liter) susu cair ( saya --> 3sdm susu bubuk + air )
100 ml susu kental manis putih
1/4 sdt garam halus
1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang alumunium bulat diameter 20cm. Biarkan kering semua bagiannya. Taburkan gula pasir secara merata ke atasnya. Panaskan di atas api kecil sampai berkaramel. Pegang loyang dengan serbet, goyang-goyangkan supaya rata dan tidak gosong. Matikan api dan sisihkan.
  2. Siapkan panci, masukkan agar-agar, gula pasir, tepung jagung, susu cair, susu kental manis, garam dan vanili bubuk. Aduk-aduk menggunakan whisker/sendok sayur/spatula sampai gula larut.
  3. Nyalakan api sedang. Aduk-aduk adonan sampai mendidih dan sedikit mengental. Selama merebus, puding harus diaduk terus supaya susu tidak pecah ketika mendidih. Matikan api
  4. Segera tuang ke dalam loyang berisi karamel yang telah beku. Jika terdengar bunyi karamel pecah biarkan saja. Lanjutkan menuang sampai habis. Dinginkan adonan di suhu ruang dan selanjutnya masukkan ke dalam kulkas supaya lebih padat.
  5. Setelah beku keluarkan puding dari kulkas. Kikis pinggirnya menggunakan pisau dan tarik-tarik sisi puding menggunakan ujung jari supaya menjauh dari loyang. Balik puding di atas piring. Sajikan.

18 komentar:

  1. sedap nih siang2,dingin2 hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pas panas panas enak banget dinikmati dingin dari kulkas

      Hapus
  2. Itu wkt bikin caramelnya langsung loyangnya yg dipanasin mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya langsung aja loyangnya ditaruh di atas api kecil

      Hapus
    2. hari ini aku coba bikin lo puding karamel tanpa telornya mdh2an enak n sukses..buat suguhan ibu2 pengajian neh hheeehe

      Hapus
    3. kalo enaknya so pasti hehehe...moga sukses dan disukai ibu-ibu pengajian yah....

      Hapus
  3. nyaman ni rin..makan sejuk2 kecur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa kabar zila, semoga sehat selalu ya.
      betul enak banget ni puding. Kemarin cepat habis pudingnya

      Hapus
  4. pengen recook ah mba... selama ini aq buat pake telur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain aja puding tanpa telur ini. Moga pada ketagihan ya hihi...

      Hapus
    2. banyak resep2nya mba Rina cocok buat aku. Dan selalu berhasil

      Hapus
    3. oh ya ??? sip deh kalo gitu *langsung ngaca sambil pupuran*

      Hapus
  5. sedapnyaaaaaa...bookmark ni...jazakillahu khairan resepnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. met nyobain resep sedap ini ya....

      Hapus
  6. Jazakillah khayr mba resepnya. Keliatannya lebih mudah dari resep2 yg lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama. Silakan dicoba. Ini mudah kok buatnya

      Hapus
  7. sedapnya!!! manis sgt tak?

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.