Halaman

Senin, 10 November 2014

Chiffon Ketan Hitam

Assalamualaykum


Masih punya stok tepung ketan hitam ingin segera dieksekusi karena kangen dengan kue ketan hitam. Selama bikin chiffon belum pernah bikin pake tepung ketan hitam.
Akhirnya browsing sana sini dan ketemu di Kueh Ruri. Resepnya sederhana dan tanpa bahan pengembang apapun, hanya mengandalkan putih telur kocok supaya tidak bantat. Bahan lemak menggunakan santan dan minyak goreng supaya gurih. Resep di bawah ini saya konversi dengan menggunakan 3 butir telur saja.


Chiffon Ketan Hitam
Sumber : Kueh Ruri
Modif : Rina Audie

Bahan :
90 gr tepung ketan hitam
3 butir kuning telur
60 ml santan kental instan
45 ml minyak goreng

3 butir putih telur
1/8 sdt garam
1 sdt air jeruk nipis/lemon
90 gr gula halus

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang tulban, alasi dasarnya menggunakan kertas roti dan biarkan kering semua bagiannya. JANGAN dioles minyak/mentega. Panaskan oven dengan suhu 160 derajat C.
  2. Dalam wadah besar masukkan tepung ketan hitam. Buat lubang di tengahnya dan masukkan berturut-turut ke dalamnya kuning telur, santan kental dan minyak goreng. Aduk menggunakan whisker sampai rata dan kental. Sisiahkan.
  3. Siapkan wadah bersih bebas minyak atau cairan apaun. Kocok putih telur, garam dan air jeruk nipis menggunakan mixer speed sedang sampai berbuih. masukkan gula halus dalam 3 tahap sambil dikocok terus. Setelah gula habis naikkan kecepatan mixer dan kocok sampai kaku dan mengkilat.
  4. Masukkan kocokan putih telur ke dalam adonan tepung dalam 3 tahap, aduk menggunakan whisker sampai rata.
  5. Tuang ke dalam loyang dan panggang selama 75-90 menit. Jika permukaaan kue disentuh terasa basah, lanjutkan memanggang. Tapi jika disentuh terasa kering dan membal, segera keluarkan dari oven.
  6. Segera balikkan loyang dengan disangga botol sampai dingin (2-3 jam). Setelan dingin, kikis/sisir pinggir kue menggunakan pisau tipis. Begitu juga bagian tengahnya. Keluarkan dari loyang.


4 komentar:

  1. Duuuhhh... pagi2 d suguhin chiffon boooo....
    Mana tahaaann....

    ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. pagi-pagi udah ol bu ? longgar ya ?
      Ini buatan kemarin dan udah habis *takut dimintak hahahaaa*

      Hapus
  2. Mbak Rina, sdh saya coba resepnya, kebetulan sdh punya tepung ketan hitam dari mbak Diah Didi. Hasilnya enak! Rasa dan tekstur khas ketan hitam. Tapi, maaf, saya ubah sedikit caranya. Kuning telur, telur dan minyak goreng saya kocok dg mikser sebentar, kecepatan sedang. Kemudian saya masukkan tepung ketan hitamnya 3 tahap dan kocok lagi sebentar. Lain kali saya mau coba resep mbak Rina yg lain yt cake kukus ketan hitam moka. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh telat yang jawab. Maaf ya. syukur jika berhasil bikin chiffon ketan hitamnya. Silakan mencoba resep lain di blog ini. Moga cocok dengan hasilnya

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.