Laman

Sabtu, 15 November 2014

Oseng Pare Ikan Peda

Assalamualaykum


Lama banget nggak masak pare deh. Kangen gitu. Cuma rada bingung parenya mau dimasak pake apa lagi karena biasanya cuma pake teri medan.
Tanpa dinyana tukang sayur usul supaya dimasak pake ikan asin peda. Boleh juga tuh usulnya. Apalagi saya nggak tau jenis ikan asin peda ini. Seumur umur baru sekali ini saya tau peda asin hihi...soalnya saya bukan penggemar ikan asin. Taunya cuma gereh pethek sama teri medan aja. Masaknya standar, cuma dioseng dan cemplang cemplung. Selain itu saya beri tempe juga yang berfungsi menyerap rasa pait pare. Setelah matang ternyata enak ya pare dimasak pake peda asin hihi...

Bahan :
2 ekor ikan asin peda
3 bh pare/paria
garam secukupnya
1 sdt kecap ikan/asin
1 sdm saus tiram
150 gr tempe, potong dadu
garam dan merica bubuk
50-75 ml air

Bumbu iris :
5 bh bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
6 bh cabe merah keriting
3 bh cabe rawit merah

Cara membuat :
  1. Belah pare menjadi 2 bagian, buang isinya dan potong tipis-tipis. Beri  1 sdm garam halus, remas-remas sampai lemas. Bilas air sampai bersih. Beri garam lagi, remas-remas, bilas air lagi. Lakukan berulang-ulang sampai paitnya berkurang. Setelah selesai diremas bersama garam, bilas air sampai bersih.
  2. Goreng ikan peda kemudian disuwir-suwir, sisihkan.
  3. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, masukkan bumbu iris, kecap ikan dan saus tiram, tumis sampai wangi. 
  4. Masukkan pare dan tempe aduk rata. Beri garam, merica dan air. Masak sampai matang dan koreksi rasanya.
  5. Terakhir masukkan ikan peda, aduk rata dan matikan api.


4 komentar:

  1. Duuh.. kedoyanannya suami etah mah mba... sayang sy ga prnah masakin... hihihu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo dong sesekali masak pare bu guru biar makin disayang suami hehe....

      Hapus
  2. kangeen juga ama pare..
    dah lama ga nongol di toko asia :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo jalan ke toko asia gih biar bisa masak oseng pare.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.