Laman

Jumat, 07 November 2014

Oseng Bunga Pepaya

Assalamualaykum


Beberapa hari yang lalu ketika belanja, tukang sayur bawa bunga pepaya yang menarik perhatian saya. Dulu, beberapa tahun lampau saya pernah mencoba masak bunga pepaya tapi rasanya paiiiitttt sekali.
Karena belum sukses, saya merasa tertantang untuk mengolahnya lagi. Jika dulu bunga pepaya hanya saya rendam air panas, kali ini saya rebus menggunakan garam dan asam jawa untuk mengurangi paitnya. Merebusnya nggak lama sih cuma 10-15 menit. Kalo kelamaan takut kelembekan dan nggak enak jika dioseng. Setelah direbus dan ditiriskan saya coba mencicipi dan ternyata, nggak terlalu pait. Hanya sedikit saja. Ketika dilidah belum berasa pait tapi begitu menyentuh tenggorokan baru deh terasa paitnya. Pas dengan selera orang rumah. Jika menikmati bunga atau daun pepaya standar paitnya ya seperti itu yang nikmat buat saya. Kalo pait banget duh nggak doyan deh hihi....Bunga pepaya ini saya masak dengan tempe dan setelah matang ditaburi teri goreng. Nggak disangka pada doyan banget dan cepet habis nih osengnya.

Bahan :
150-175 gr bunga pepaya
1 sdt garam
1 sdt asam jawa
400 ml air
150 gr tempe, potong dadu
50 gr teri medan
garam dan merica bubuk secukupnya
100 ml air

Bumbu iris :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
8 bh cabe merah keriting
3 bh cabe rawit merah

Cara membuat :
  1. Rebus 400 ml air sampai mendidih. Masukkan bunga pepaya, garam dan asam. Rebus selama 10-15 menit. Angkat dan tiriskan
  2. Panaskan minyak goreng, dan goreng teri medan sampai matang, angkat dan sisihkan.
  3. Panaskan sedikit minyak sisa menggoreng teri, tumis bumbu iris sampai wangi. Masukkan bunga pepaya dan tempe. Menyusul garam, merica dan 100 ml air. Masak sampai matang. Koreksi rasanya.
  4. Terakhir masukkan teri goreng. Matikan api.


4 komentar:

  1. Gak pait ya...? Blm prnah nyoba. Pernah liat masakan seseorang tu d cmpuri ikan asin gitu mba....
    Tp aju mah blm nyicip....
    Hehe...

    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo direbus dulu pake garam dan asam jawa paitnya jadi berkurang bu gulu. Cobain deh kalo nemu bunga pepaya, ya....

      Hapus
  2. suka deh oseng bunga pepaya..ada rasa paitnya tapi enak. sayang sampe sekarang belom pernah bikin sendiri, heheu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bikin kangen tuh paitnya itu ya

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.