Bakpao Goreng Ketan Hitam

Assalamualaykum


Bikin bakpao lagiiii...gegara tempo hari ada bakpao lewat depan rumah dan kepingin beli, tapi si abang jalannya ngebut. Sampai dikejar ke ujung gangpun udah nggak keliatan. Ya sudah deh bikin sendiri aja.
Ketika buka stok logistik masih ada tepung ketan hitam. Langsung kepikir bikin bakpao pake tepung ini. Resepnya saya pake No Knead Bread-nya Sangjin Ko. Masih jadi favorit karena lembut dan nggak usah nguleni. Bakpao ini cukup saya bentuk bulat karena saya memang nggak mahir membentuk aneka macam roti sehingga bisa berbentuk cantik. Nggak telaten gitu hehe...Itupun masih pada peyang sana-sini. Untuk isinya saya memberdayakan kelapa parut beku di kulkas untuk dijadikan unti kelapa. Setelah maatang hmm enak, lembut bakpaonya.

Bakpao Goreng Ketan Hitam
Sumber : Bakpao Goreng Ayam Jagung
Modif : Rna Audie

Bahan unti kelapa :
1/4 butir kelapa agak muda, parut kasar
100 ml air
2-3 sdm gula pasir
1/8 sdt garam
1 lbr daun pandan (1/2 sdt vanili bubuk)

Cara membuat :
  • masukkan dalam wajan, air, gula, garam dan pandan, rebus sampai mendidih. Masukkan kelapa parut dan masak sampai air mengering. Koreksi rasanya. Jika sudah pas, matikan apinya. Dinginkan.
Bahan Bakpao :
120 ml susu cair
100 ml air putih
40 gr gula pasir
4 gr garam (± 1/2 sdt)
6 gr ragi instan (± 1/2 sachet)
250 gr tepung terigu protein sedang
50 gr tepung ketan hitam
30 gr minyak sayur

Cara membuat :
  1. Dalam wadah besar, masukkan susu cair, air, gula, garam, aduk sampai larut 
  2. Taburkan ragi instan, diamkan 5 menit sampai ragi tercampur dengan air, setelah itu diaduk rata
  3. Masukkan semua tepung sambil diayak, aduk dengan sendok kayu sampai rata  Adonan yang terbentuk kenyal. Tambahkan minyak sayur, aduk rata. Tutup dengan plastik wrap. Istirahatkan 20 menit di suhu ruang.
  4. Kempiskan adonan, taburi dengan sedikit terigu, bulatkan adonan menjadi bulatan besar dengan cara menarik permukaan roti kearah bawah. Letakkan lagi di wadah, tutup lagi.
  5. Istirahatkan 20 menit lagi, kempiskan, bulatkan, lalu tutup lagi.
  6. Istirahatkan 20 menit. Setelah itu kempiskan dan bulatkan lagi. Tutup dengan plastik, masukkan lemari es/kulkas selama 5-6 jam atau semalam (saya pilih semalam, dari jam 19.30 sore sampai jam 5.30 pagi).
  7. Keluarkan dari kulkas dan kempeskan. Siapkan nampan lebar bertabur terigu. Selagi dingin bagi adonan jadi 15 bagian. Beri isi unti kelapa kemudian bulatkan. Jika lengket taburi tangan dengan terigu. Letakkan di atas nampan dan fermentasikan selama ± 45 menit.
  8. Siapkan wajan anti lengket yang datar, isi dengan 50 ml air dan 1 sdm minyak goreng kemudian panaskan. Setelah panas letakkan beberapa buah bakpao lalu tutup wajannya. Rebus sampai air habis. Jika air sudah habis, lanjutkan menggoreng/memanggang sampai bagian dasarnya berwarna kuning keemasan. Lakukan hal yang sama dengan sisa adonan. Sajikan hangat. 

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

Wa... penasaran nie...

Ky apa nie rasanya mba? Kaya roti goreng kah?

rasanya tetep seperti bakpao tapi bagian dasarnya agak garing. Cobain bikin deh.

nyamm, tampak legit mbaa..
itu kurang mulus apa karena ga pake diulen ya mba?
ketauan blm pernah nyobain sangjin ko, heheu..

iya itu kurang mulus karena nggak pake diuleni. Cobain deh resepnya Sangjin Ko ini. Empuk dan lembut hasilnya.

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon