Laman

Rabu, 10 September 2014

Kikil Dan Tempe Masak Santan

Assalamualaykum


Lagi-lagi masak kikil. Iya karena di tukang sayur ada kikil agak banyak makanya saya beli aja meski belum tau mau dimasak apa.
Setelah buka-buka tabloid saya putuskan untuk dimasak bareng tempe, santan dan cabe. Resepnya sederhana saja. Hanya menumis bumbu tumbuk, irisan cabe kemudian kikil, tempe dan santan dimasukkan. Jika sudah matang akan lebih enak lagi jika sudah menginap karena bumbu lebih meresap.

Bahan :
300 gr kikil yang telah direbus sampai empuk, potong dadu
250 gr tempe, potong dadu
3 buah cabe merah besar, iris serong
3 buah cabe hijau besar, iris serong
2 cm lengkuas
2 lbr daun salam
1 batang serai, memarkan
3 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya
200 ml santan kental dari 1 butir kelapa
600 ml santan encer (sisa perasan santan kental)
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk

Bumbu tumbuk :
1 sdt ketumbar
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu tumbuk dan semua cabe sampai harum. Masukkan lengkuas, daun salam, serai dan daun jeruk, aduk-aduk sampai bumbu matang.
  2. Masukkan kikil dan santan encer. Menyusul garam, gula dan merica. Masak sampai mendidih dan santan agak berkurang.
  3. Terakhir masukkan tempe dan santan kental. Didihkan kembali sambil sesekali diaduk-aduk supaya santan tidak pecah. Koreksi rasanya. Jika sudah pas angkat dari api.

8 komentar:

  1. duh,simpen ah buat maksi hehehe....sambel trasi sama krupuk,duh pasti nambah2

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh jangan ngomong sambel sama krupuk disini. Ntar siang aku bisa kalap hahaha...

      Hapus
  2. Wah wah menu KIKIL juga termasuk salah satu hidangan favorit keluarga kami. Sate kikil mislnya. Enak bangeds. Soalnya menu sate daging dagingan sudah bosan. HIehiheihe. Thanks atas resepnya nih. Saya pelajari dulu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok pak. Moga cocok resepnya. Met masak-masak ya.

      Hapus
  3. Aq meh crito mbak. Mosok to pas lebaran wingi. Aq dibawain tukang sayur kikil. Padahal aq titipnya krecek. Katanya iya itu krecek yg basah. Toweeeewww! Batal bikin sambel krecek sayaaah.

    Kikil di oseng-oseng cabe ijo yo enak mbak.paling gampang soale.cepet.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda persepsi yah antara dirimu dan dirinya hihi....kikil dimasak cabe ijo memang paling sedep. Kalo di rumahku ditambahi kecap manis, wis paling poll enake hihi....

      Hapus
  4. keliatannya sedap nih, makasih ya kak resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masalah sedep sih pasti sedep dong. Wajib dicoba tuh resep di atas. Ok ?

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.