Halaman

Senin, 08 September 2014

Oseng Genjer Dan Oncom

Assalamualaykum


Sayur genjer adalah sayur yang baru saya kenal setelah tinggal di Ciledug. Ketika di Solo saya nggak pernah ketemu genjer.
Mungkin karena saya yang masih minim mengetahui jenis sayur yang tergolong sayuran "ndeso" ini. Ketika pertama kali melihatnya saya nggak tertarik karena nggak tau cara mengolahnya. Tapi ketika di kulkas kehabisan sayur dan di tukang sayur cuma ada genjer ya kepaksa diambil. Setelah dimasak saya kok kurang suka dengan rasanya. Itu disebabkan saya yang masih o'on mengolahnya. Begitu melihat ada genjer lagi saya tertantang untuk menaklukkannya supaya disukai oleh orang rumah. Browsing sana-sini dan saya memutuskan untuk menumisnya bersama oncom. Tujuannya buat jaga-jaga, kalo nggak doyan genjer oncomnya saja yang disikat hihi...Selain itu karena genjer ini jika dimasak akan kempis seperti kangkung, jadi ditambah oncom biar tambah banyak. Setelah matang dan dicicip walaaaa enak sekaleeeeee......Akhirnya bisa juga saya masak genjer yang enak. Bumbu yang dipake sederhana saja. Hanya bawang merah, bawang putih, kemiri dan ebi. Ebi ini yang bikin enak. Jika ada pertanyaan apakah genjer ini pait, saya jawab tidak ! Awalnya saya juga ragu jika genjer ini pait. Ternyata kekhawatiran saya tidak terbukti. Tapi beberapa blog menulis untuk menghilangkan rasa paitnya supaya diremas dengan garam dan dicuci. Entah apakah memang genjer saya berjenis tidak pait atau karena dimasak dengan oncom sehingga rasa tidak enak itu diserap oleh oncomnya, saya tidak tau. Ketika masih mentah saya gigit sedikit dan dikunyah, genjernya tidak pait tuh. Cuma terasa alot/liat saja.

Selain itu oseng ini saya beri cabe keriting rada banyak biar pedes. Tapi saya kemecer menginginkan rasa yang lebih menyengat sehingga saya tambahi cabe rawit merah 3 biji. Mungkin karena terlalu lama berpantang pedas akhirnya jebol juga pertahanan saya. Dan hasilnya nasi sepiring seakan tidak pernah cukup mengisi perut saya haha.....


Bahan :
200 gr oncom ampas tahu warna merah/oranye
1 ikat (+- 300gr) genjer yang masih kuncup
10  buah cabe merah keriting, iris serong tipis
3 buah cabe rawit merah, iris serong tipis
1 buah tomat merah, potong dadu
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
100 ml air

Bumbu tumbuk :
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 butir kemiri
2 sdm ebi, rendam air panas sampai lunak


Cara membuat :
  1. Potong-potong genjer sepanjang 3-4 cm, cuci bersih dan tiriskan. Hancurkan oncom kasar saja, sisihkan.
  2. Tumis bumbu tumbuk, semua cabe dan tomat sampai matang dan cabe jadi layu.
  3. Masukkan genjer, garam, gula dan air. Masak sampai mendidih dan genjer jadi layu. Ketika dimasak genjer ini akan mengeluarkan air. Koreksi rasanya. Jika suka kaldu bubuk boleh ditambahkan.
  4. Setelah rasanya pas masukkan oncom. Aduk rata dan masak sampai air habis diserap oncom. Angkat dari api dan sajikan bersama nasi.

6 komentar:

  1. sluurpt...pertama kali makan genjer di siak,keyel2 rasane..

    BalasHapus
  2. sekilas kliatannya mirip kangkung ya.. *belom pernah nyobain T_T :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mirip kangkung kempes kalo dimasak, jadi kalo matang tinggal seuprit

      Hapus
  3. enak banget ini mbak Rina,,,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tul mb vero. Bikin yuk. Kalo gak ada oncom pake tempe insya allah juga enak

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.