Laman

Sabtu, 02 Agustus 2014

Sagu Keju Ekonomis

Assalamualaykum


Saya termasuk yang ketinggalan mengenal sagu keju. Ketika di Solo saya belum pernah ketemu dengan sagu keju ini. Kalo kaastengel sudah biasa makan dan bikin sendiri.
Saya kenal sagu keju ini setelah tinggal di Ciledug. Itupun lewat internet ! Bukan karena nyicip ya karena ketika lebaran saya selalu mudik ke Solo. Jika dihitung baru 5 tahun yang lalu saya tau sagu keju ini. Setelah tau resepnya saya segera bikin dan langsung suka dengan teksturnya yang lumer dan lembut. Asli saya baru tau ternyata tepung sagu bisa dipake untuk bikin kuker/kukis. Jika dibandingkan saya lebih suka sagu keju daripada kaastengel meski nyemprotnya butuh perjuangan lebih daripada kue semprit. Iya sagu keju lebih berat dispuit karena tekstur sagu lebih liat daripada terigu. Jadi ketika menyemprot gunakan spuit dengan lubang besar supaya mudah keluar. Resep yang saya gunakan ini dari teman fb, karena ketika melihat resepnya yang sangat ekonomis dan komentarnya sampai ratusan sehingga bikin saya penasaran. Biasanya sagu keju menggunakan keju edam/keju tua yang mahal harganya tapi resep ini hanya memakai keju cheddar. Itupun hanya 75 gr untuk satu resep dengan tepung sagu sebanyak 600 gr. Setelah matang enak lho ngeprul dan lumer. Meski hanya pake 75 gr keju tapi tetep gurih. Kuncinya ada pada penggunaan margarin. Tau sendiri margarin kan sudah asin, otomatis menyumbang gurih supaya rasa keju jadi terangkat. Gimana mau bikin ? Hayuk cekidot resepnya....

Sagu Keju Ekonomis
Resep : Nyonya Deni Wahyu Hidayat

Bahan :
300 gr margarin Blueband
175 gr gula halus
1 butir telur utuh
75 gr keju cheddar, parut halus
50 gr susu bubuk
600 gr tepung sagu (saya pake sagu merk Pak Tani), disangrai sampai kering ± 10 menit
2 sdm tepung jagung/maizena

Cara membuat :
  1. Kocok margarin dan gula halus menggunakan mixer speed rendah sampai lembut dan rata ( ± 30 detik).
  2. Masukkan telur, keju parut dan susu bubuk, kocok lagi sampai rata. Matikan mixer.
  3. Masukan sagu dan tepung jagung aduk rata menggunakan spatula sampai rata.
  4. Ambil loyang kue kering, alasi kertas roti dan olesi margarin. Panaskan oven dengan suhu 150°C.
  5. Siapkan piping bag dan masukkan adonan ke dalamnya. Beri spuit bintang/kerang dengan lubang besar. Semprotkan ke atas loyang bentuk lingkaran dan beri jarak supaya tidak menempel.
  6. Panggang selama 30-40 menit sampai bintik-bintik kejunya kelihatan. Keluarkan dari oven dan dinginkan. Masukkan dalam stoples.
Note :
  • Ketika tepung sagu dimasukkan ternyata adonannya terlalu kering dan susah disemprot. Solusinya, ambil adonan secukupnya menyesuaikan daya tampung piping bagnya dan beri air dingin/air es 1-2 sdm, aduk rata. Adonan yang terbentuk sedikit lengket supaya mudah disemprot dengan piping bag. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan berikutnya. 
  • Jangan lupa adonan yang antri supaya ditutup menggunakan plastik/tutup panci supaya tidak semakin kering.

6 komentar:

  1. assalamu'alaikum mbak apa kabar (sok kenal bgd hihi)..
    kakakku penggemar berat sagu keju berapa juga bisa abis sama dia.. haha..

    udah lama nih pengen bikin gak jadiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii mllu hihi..
    tapi kayaknya nanti saat aku bikin gak mau dispuit deh mending di cetak bulet aja kali ya pakai sendok supaya cepet soalnya pasti pas ngabisin cepet banget ujungnya males bikin ulang kwkkkkkk..

    nanti mau coba resep versi ini deh ekonomisnya tergoda haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh sampe lupa mbak hehe.. minal aidzin wal faidzin taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum.. #Sungkem hihi

      Hapus
    2. minal aidin wal faizin juga ya. Ayo dibuat wong bahannya murah meriah kok. Apalagi kakaknya ngefans sagu keju gitu. Ntar kalo dah bikin moga cepet ludes karena disukai. met bikin dan salam buat kakaknya yang penggemar sagu keju...

      Hapus
  2. saya suka saya suka. Makasih resepna Mbak Rina. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Canna

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf lahir dan batin juga mb Canna.
      Sama-sama, moga cocok dengan resep d atas ya....

      Hapus
  3. Makasih ya atas infonya keren mbak. jadi pengen coba

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.