Halaman

Rabu, 27 Agustus 2014

Oseng Pepaya Muda dan Tempe

Assalamualaykum


Masak oseng lagiiii hehe.... Karena beberapa waktu yang lalu saya ketemu pepaya muda di tukang sayur, seketika kepincut untuk mengolahnya.
Apalagi pepaya muda ini sudah dipotong bentuk korek api. Langsung ambil 2 bungkus sekalian nyamber satu papan tempe. Bumbu dan cara masaknya standar seperti biasa ya. Asal tumis dan cemplang cemplung saja.

Bahan :
250 gr pepaya muda, serut/potong bentuk korek api
250 gr tempe, potong dadu
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
2 cabe merah besar, iris tipis
4 bh cabe merah keriting, iris tipis
1 lbr daun salam
2 cm lengkuas
1 sdm ebi, rendam air panas sampai lunak, cincang halus
1 sdt kecap ikan/asin
1 sdm saus tiram
3-4 sdm kecap manis
100 ml air
garam, gula, merica secukupnya

Cara membuat :
  1. Cuci pepaya muda dengan garam sambil diremas-remas sedikit supaya agak lemas. cuci bersih dan tiriskan.
  2. Tumis bawang merah, bawang putih dan semua cabe merah sampai layu. Masukkan ebi, daun salam dan lengkuas. Menyusul kecap ikan, tempe, kecap manis dan saus tiram. Aduk rata.
  3. Tuangi air dan masukkan pepaya muda. Beri garam, gula dan merica. Cek rasanya. Jika sudah pas dan airnya mengering matikan api. Angkat dan sajikan.

8 komentar:

  1. ditumis aja enak apalagi ditambah tempe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak ya ditumis begitu aja. Aku paling seneng dimasak sambel goreng buat teman nasi liwet Solo. Duh juara deh...

      Hapus
  2. Enaknya oseng pepaya n tempe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimakan bersama nasi anget aiiihhhh sedapnyaaa hehe....

      Hapus
  3. cabenya tambahin dong mamah...

    *dikemplang kuali

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaa...ogah. Ntar atit peyut bu gulu...

      Hapus
  4. di gado jg enak nih mb.... ng pake nasi... hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener. tempo hari juga habis pada digadoin nih masakan...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.