Halaman

Minggu, 06 Juli 2014

Tempe Rebus Bumbu Bali

Assalamualaykum


Menu enak dan murah yang biasa muncul di meja makan rumah saya adalah tempe yang dimasak pake cabe. Tempe dan cabe memang cocok sih ya.
Ditemani dengan nasi hangat dan kerupuk pun sudah nikmat. Ditambah lalapan supaya lebih seger juga enak. Cabe yang saya pake tidak terlalu pedas ya karena cuma pake cabe merah besar dan cabe keriting sedikit saja. Biasanya tempe bumbu bali ini sebelum diolah selalu digoreng dulu. Tapi saya tidak karena mau ngirit minyak (bener-bener mau irit, karena beberapa hari terakhir terlalu banyak konsumsi minyak goreng. Takut efeknya ke kesehatan gitu). Beda rasa nggak ? Tentu dong. Kalo tempenya digoreng dulu pasti lebih gurih dan jadi berminyak.  Namun  kalo masih mentah dan langsung diolah khawatir jadi langu karena masaknya cuma sebentar. Supaya nggak langu tempe saya rebus dalam air mendidih kemudian ditiriskan. Dan hasilnya tetap enak lho nggak kalah dengan yang digoreng.  Mau coba resepnya ? Ayukk...


Bahan :
300 gr tempe, potong dadu
Air secukupnya untuk merebus tempe
2 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
1 lbr daun jeruk
3 sdm kecap manis
150 ml air
Garam, gula dan merica bubuk secukupnya

Bumbu tumbuk :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 bh cabe merah besar
3 bh cabe merah keriting
1 cm jahe
3 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Dalam sebuah panci rebus tempe dalam air mendidih selama 15 menit. Angkat dan tiriskan. 
  2. Tumis bumbu tumbuk sampai wangi, masukkan lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Aduk-aduk sampai matang dan agak kering. 
  3. Masukkan kecap manis dan air. Menyusul garam, gula dan merica bubuk. Setelah mendidih koreksi rasanya. 
  4. Terakhir masukkan tempe rebus dan aduk rata. Biarkan air habis dan mengental. Jika dirasa terlalu kering tambahkan air secukupnya. Angkat dari api.

4 komentar:

  1. Wiiiisss pokoknya mau diolah apapun, tempe is de bes lah....
    Haha....
    :D

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. dimakan pake nasi anget udah uenak ya um hihi...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.