Laman

Sabtu, 05 Juli 2014

Sayur Nangka Dan Kacang Tholo

Assalamualaykum


Di kulkas ternyata saya menyimpan kaldu ayam beku di freezer. Karena lupa kaldu tersebut ngendon sampe hampir 2 bulan.
Ketika belanja di tukang sayur saya ketemu nangka muda alias gori dan saya berniat masak gori dengan kaldu ayam tersebut. Sayur gori ini saya tambahi dengan kacang tholo yang merupakan kegemaran orang rumah. Setelah matang enak lho apalagi kalo udah nginep. Bumbu jadi lebih meresap dan terasa lebih gurih.

Bahan :
500 ml air
300 gr nangka muda (gori)
75 gr kacang tholo, rebus sampai empuk
sepotong lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
1 batang serai, memarkan
300 ml kaldu ayam (saya pake kaldu Ayam Dua Rasa )
400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
garam dan gula secukupnya

Bumbu halus :
1 sdt ketumbar
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri
3 cm kunyit

Cara membuat :
  1. Rebus air sampai mendidih kemudian masukkan nangka dan rebus selama 15 menit supaya getahnya hilang. Tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan lengkuas, daun salam, daun jeruk dan serai. Aduk-aduk sampai bumbu matang dan agak kering.
  3. Masukkan nangka muda, kacang tholo, kaldu dan santan. Beri garam dan gula. Setelah mendidih koreksi rasanya. Masak sampai bumbu meresap dan kuah menyusut. Angkat dan sajikan.

4 komentar:

  1. nyem...nyemmm..sayur ini sayur kesukaanku dan adekku mbak....
    Dulu suka banget bikin...tp krn adek dah nikah dah gak ikut aku lg jd jarang bgt bkin cz gak ada teman mkn... hihi...
    Salam kenal ya mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mb irowati. Makasih sudah jadi follower DapurManis ya...
      Ayuk bikin. Ntar kalo nggak habis dibagi ke saya ajah hahahaaa...

      Hapus
  2. Gori tuh kali di sini namanya "Thewel" mba... hehehe... paling sedep kalo dimasak dg santen... hmmm... buat temen makan ketupat juga okeh nie...:)))
    Kadang bosen juga dg sayur yg ber-daging kan....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ada juga yang nyebut thewel ya. Cuma aku kadang suka rancu sama kluwih makanya aku tulis gori aja.
      Betul, dimakan pake ketupat atau lontong enak....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.