Halaman

Jumat, 11 Juli 2014

Sego Gurih Penyetan (Banyuwangi)

Assalamualaykum


Jangankan di bulan puasa, di hari-hari biasa saja saya selalu berusaha masak yang ringkas dan praktis. Selama bulan puasa saya lebih rajin browsing untuk cari resep baru.
Setelah browsing kesana kemari saya kepincut dengan resep dari Sajian Sedap ini. Nama Sego Gurih mengacu pada bahasa Jawa yang artinya Nasi Gurih ya. Setelah baca resepnya saya yakin pasti hasil jadinya enak. Resep yang berasal dari Banyuwangi ini layak dicoba sebagai salah satu menu buka puasa di rumah saya. Saya berusaha mencari referensi masakan ini tapi kok nggak ketemu ya. Meski ada kata penyetan di judulnya tapi nggak ada acara penyet-penyetannya tuh, hehehe...Ya sudahlah daripada bingung mending langsung dibikin aja. Jika dibaca kayaknya ribet karena banyak yang harus disiapkan. Kenyataannya tidak lho. Bahan gorengan bisa dibuat pagi hari sampai tahap direbus saja. Sore harinya tinggal masak nasi serta sambalnya. Menjelang buka, ayam dan tempe tinggal digoreng. Jadi bisa untuk sajian buka puasa dalam kondisi hangat. Dan hasilnya enak lho. Nasinya mirip dengan nasi uduk. Ditemani dengan lauk ayam dan tempe goreng serta sambal hmmm maknyus deh....


Bahan Nasi :
300 gram beras, dicuci bersih
2 lembar daun salam
2 butir cengkeh
1 batang serai, dimemarkan
1 sendok teh garam
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Bahan Gorengan :
1/2 ekor ayam (400 gram), dipotong 4 bagian/sesuai selera
200 gram tempe, dipotong-potong, dikerat-kerat
1 batang serai, dimemarkan
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
1.000 ml air

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm kunyit
4 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar

Bahan Sambal :
10 buah cabai merah keriting
4 buah cabai merah besar
1 siung bawang putih
2 butir bawang merah
10 buah cabai rawit merah (saya nggak pake)
1 sendok teh terasi goreng
50 ml minyak panas (saya pake minyak sisa menggoreng bahan gorengan)
1 sendok teh garam
3/4 sendok teh gula pasir


Cara Membuat :
  1. Nasi : rebus santan, daun salam, cengkeh, serai, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan beras. Aduk sampai meresap. Kukus 45 menit sampai matang (jika menggunakan rice cooker/magic com, masukkan semua bahan dan tekan tombol cook sampai nasi matang)
  2. Gorengan : rebus bahan gorengan dan bumbu halus sampai meresap dan kering. Angkat dan goreng sampai matang.
  3. Sambal : uleg/tumbuk cabai merah keriting, cabai merah besar, bawang putih, bawang merah, cabai rawit merah, terasi goreng, garam dan gula pasir. Siram dengan minyak panas. Aduk rata dan koreksi rasanya.
  4. Sajikan nasi dengan gorengan dan sambal.



8 komentar:

  1. rasanya mirip nasi uduk gak mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh may mirip banget dengan nasi uduk...lumayan nggak usah beli, bikin sendiri biar puas makannya....

      Hapus
    2. tapi aku baru denger nama masakannya hihihi :D

      Hapus
    3. aku juga baru tau makanya langsung dibikin biar nggak penasaran

      Hapus
  2. Ish... isshhh... ngiler bgt deh mbayangin gurihnya... ^_°`

    Si Babenya anak2 tuh hampir ga pernah kelewat deh yg namanya sambel+lalap.. terutama timun.. wuiiihhh... paling doyan deh...>_<`

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak lho bu gulu. Bikin gih...
      di rumah aku juga selalu stok timun buat lalapan hehe...

      Hapus
  3. Mantappp nech Sego gurih..apa lagi ayamx itu pakai ayam ingkung(ayam yng dbkar dulu,†я̲̅u§ dimasak kyk bumbu bikin kare gitu) mb...biasax dipke buat acra ♍ά̲̣̣̣̥υ̲̣̥ panen padi ini
    Hihhihi..orang Banyuwangi saya(kagak ada yng tanya)

    Milla«~

    BalasHapus
    Balasan
    1. senengnya ada pembaca dari banyuwangi di DapurManis. Berarti resep aslinya pake ayam ingkung ya. sip deh. makasih tuk komen dan masukannya mbak Milla...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.