Laman

Selasa, 08 Juli 2014

Gulai Tempe Dan Ati Ampela

Assalamualaykum


Ini adalah menu yang saya sajikan ketika buka puasa di hari pertama. Maaf jika terlambat posting karena internet yang lemot.
Di rumah, gulai adalah salah satu menu yang disukai juga. Aroma rempah-rempah yang harum itu lho yang bisa membangkitkan selera. Saya sangat suka gulai dengan bumbu lengkap. Gulai yang saya buat ini adalah gulai gaya Solo. Adaptasi dari Gulai Kambing Solo yang kaya rempah tapi saya pake bahan utama tempe dan ati ampela. Enak bener lho. Nggak bohong. Memang sih bumbunya sejibun. Jika ingin masak gulai kambing ganti saja tempe dan ati ampelanya menggunakan daging atau jerohan kambing. Pasti lebih enak...

Bahan :
300 gr tempe, potong dadu
3 pasang ati ampela ayam, rebus, potong sesuai selera
2 buah cabe merah besar, potong serong
1 sdt bumbu gulai kering, siap pakai
700 ml santan dari 1/2 butir kelapa
garam, gula dan merica bubuk secukupnya

Bumbu halus :
1 sdt ketumbar sangrai
1/2 sdt jinten sangrai
1/8 sdt klabet
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 butir kemiri
3 cm kunyit
3 cm jahe

Bumbu rempah :
2 cm kayumanis
2 butir cengkih
2 butir kapulaga
1/5 butir biji pala, memarkan
2 buah bunga pekak/lawang
2 lbr daun salam
1 batang serai, memarkan
sepotong lengkuas, memarkan
2 lbr daun jeruk

Cara membuat :
  1. Panaskan sedikit minyak, tumis semua bumbu rempah sampai wangi. Tuangkan bumbu halus, masak sampai bumbu matang sambil diaduk aduk sampai agak kering.
  2. Masukkan tempe, ati ampela dan bumbu gulai. Beri garam, gula dan merica. Tuangkan santan, masak sampai mendidih. Koreksi rasanya
  3. Masak sampai bumbu meresap dan santan agak berkurang. Sajikan hangat bersama nasi putih.


6 komentar:

  1. kok sehati ya,ampela hehehe..semalem q masak tumis ampela,kentang,telur puyuh..bumbunya cuma ditumias aja mbk,resep dari maknyak hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya ? mau dong dikasih resepnya...

      Hapus
  2. Balasan
    1. klabet itu salah satu bumbu rempah baunya seperti jamu. bentuknya butir-butir kecil merah kecoklatan dan baunya tajam banget seperti jamu. Pakenya dikiiit aja biar masakan nggak bau jamu ya. Bisa beli di penjual rempah dapur yang komplit ya atau toko jamu.

      Hapus
  3. salam rindu rin..picnye smkin cntik..suka tgok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam rindu juga zila...
      makasih tuk komennya. Ini pic masih belum stabil kualitasnya, terkadang bagus tapi tidak jarang banyak kekurangan di sana sini

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.