Laman

Selasa, 24 Juni 2014

Tempe Isi Ragout

Assalamualaykum


Salah satu cara mengolah tempe supaya tidak mboseni sebenarnya banyak cara. Salah satunya diisi pake ragout ini.
Resep ini saya contek dari acara tipi favorit saya. Sungguh cemerlang idenya membuat tempe supaya lebih enak dan inovatif sehingga tidak membosankan. Sebenarnya sederhana kok cara membuatnya. Tempe dipotong tipis-tipis, direndam air bumbu kemudian dikukus. Tempe harus dikukus dulu ya supaya matang sampai ke dalam. Setelah itu kita bikin ragout yang diisikan ke dalam tempe yang ditangkupkan seperti sandwich dan selanjutnya digoreng. Gampang kan. Sekarang liat resepnya yuk...

Bahan :
300 gr tempe bentuk silinder/tabung, iris tipis (boleh pake bentuk persegi ukuran sesuai selera)
1 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt garam
air secukupnya untuk merendam

Ragout :
2 sdm tepung terigu
225 ml susu cair
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala parut/bubuk
5 butir bawang merah, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1 batang daun bawang
1 bh wortel, potong dadu
2 bh sosis, potong dadu (bisa diganti ayam/daging cincang)

Bahan lapisan :
50 gr terigu
2 butir telur ayam, kocok lepas
100 gr tepung panir kasar (bread crumb)

Cara membuat :
  1. Campur bawang putih halus, garam dan air, rendam potongan tempe selama 15 menit. Panaskan kukusan dan kukus tempe sampai matang +- 20 menit. Angkat dan sisihkan.
  2. Ragout : campur terigu dan susu cair sampai rata. Beri garam, merica dan pala bubuk, sisihkan. Tumis bawang merah, bawang putih dan daun bawang sampai wangi. Masukkan wortel, beri 3 sdm air supaya matang. Masukkan sosis dan larutan terigu, aduk sampai kental dan matang. Koreksi rasanya. Matikan api.
  3. Ambil 1 lembar tempe, beri isian ragout dan tutup dengan 1 lembar tempe lagi. Rapikan. Lakukan sampai habis.
  4. Gulingkan tempe isi ragout ke dalam terigu, celupkan dalam kocokan telur dan gulingkan dalam tepung panir. Diamkan 15 menit supaya tepung panir lebih melekat.
  5. Panaskan minyak dan goreng sampai kuning kecoklatan kedua sisinya. Angkat dan tiriskan. Sajikan bersama saus tomat/sambal atau cabe rawit.
 

8 komentar:

  1. Boleh lah minta 10biji ajah....

    *ditabok tukang sayur....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahaaa....aku nggak kebagian dong....

      Hapus
  2. hahahah,,kreatif banget sih mbk,coba tetanggaku,pasti dah aku minta nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang kreatif kan yang punya ide ini. Aku cuma nyontek doang,....

      Hapus
  3. Mantap nih mbak tempe kreasi modern ..mbak kalo bahan lapisannya gak pake telur diganti apa ya? Thx atas resep2 nya..yanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake larutan terigu yang dicampur air bisa kok. Dibikin sedikit encer, asal tepung panirnya bisa melekat sudah cukup. Ketika digoreng malah nggak berbuih tuh minyaknya.

      Hapus
  4. waahhhhh....kreasi yahut banget mb..... pengen buat jg... :)

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.