Laman

Rabu, 25 Juni 2014

Capcay Otak-Otak Ikan

Assalamualaykum


Mendekati pertengahan bulan Juni ini Ciledug hujan hampir tiap hari. Saking deresnya hujan yang turun sampai mengakibatkan banjir di daerah sekitar saya.
Hari Sabtu 14 Juni komplek tempat tinggal saya akhirnya kebanjiran ! Bahkan air sampai masuk ke dalam rumah meski hanya setinggi 2-3 cm. Hujan yang turun pada jam 5 sore dan kebetulan di daerah atas (baca : Bogor dan sekitarnya) juga hujan deras, membuat aliran air sungai di dekat komplek luar biasa deras dan akhirnya meluap. Meski air yang masuk ke dalam rumah hanya 2-3 cm tak alang juga membuat kami harus kerja bakti membersihkan lumpur yang tertinggal ketika banjir sudah surut. Pekerjaan bersih-bersih inilah yang membuat saya ilfill. Asli capek banget !! Karena lantai nggak cuma sekali dipel langsung bersih, harus 2-3 kali supaya lumpur yang menempel pada lantai benar-benar bisa hilang. Tapi syukur Alhamdulillah meski saya kecapekan membersihkan sisa-sisa banjir, barang-barang tidak ada yang rusak karena sudah ditaruh di lantai atas semua. Selain itu saya tetap diberi kesehatan sampai detik ini, tidak jatuh sakit karena kelelahan. Alhamdulillah....

Well sekarang kembali ke dapur ya. Karena di kulkas punya stok otak-otak, saya berpikir untuk memberdayakan lagi. Setelah sukses bikin Semur Pedas Kikil dan Otak-otak, sekarang saya mempunyai ide untuk mengolahnya jadi capcay. Jika bikin capcay, saya biasanya pake kekian palsu yaitu adonan tepung yang digoreng mirip bakwan tapi minus sayur. Setelah kekian matang tinggal dipotong-potong dan dimasak bersama sayur dengan bumbu capcay. Saya doyan banget dengan capcay ini karena praktis dan cepet. Selain itu nggak perlu dimakan pake nasi juga udah bikin kenyang. Mau intip resepnya ? Yuk cekidot...

Bahan :
250 gr otak-otak ikan siap pakai, potong miring
1/2 bh bawang bombay, iris tipis panjang
4 siung bawang putih, memarkan
1 sdt kecap ikan/kecap asin
2 bh wortel, potong serong tipis
5 bh putren/jagung muda, iris tipis
50 ml air kaldu/air putih biasa
5 bh bakso sapi, potong sesuai selera
2 bh sosis, potong bulat-bulat
1 bonggol sawi putih ukuran kecil, potong kasar
5 batang sawi hijau, potong 2 cm
100 gr kol, potong kasar
1 batang daun bawang, potong 1/2cm
1 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
bawang goreng secukupnya untuk taburan

Cara membuat :
  1. Goreng otak-otak ikan sampai matang dan sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu, beri kecap ikan. Masukkan wortel, putren dan air kaldu. Biarkan jadi empuk.
  3. Masukkan bakso, sosis dan semua sayuran seperti sawi putih, sawi hijau, kol dan daun bawang. Bumbui dengan saus tiram, garam, gula dan merica. Aduk rata dan biarkan sayur jadi berair dan cek rasanya. Jika suka boleh ditambah kaldu bubuk atau penyedap rasa.
  4. Masukkan otak-otak goreng dan aduk sampai rata. Angkat dari api dan sajikan hangat bersama bawang goreng.

6 komentar:

  1. Cirebon panaaaasss....

    Ciledug sabar yaaaa... :D
    Salut nih mba Rina, banjir pun msh bs teteup update resep... hahayyyy...

    ^_°`)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini posting tertunda bu gulu hihi...
      hari ini 25 juni 2014 komplek rumahku kebanjiran lagi. Air mulai menggenangi area komplek sejak magrib. Hujannya luar biasa deras dari jam 15.00-16.30 tadi.

      Hapus
  2. uwah,komplit ya mbk hehehe....nyem nyem....bisa dikirim ke siak???hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan komplit deh capcay ini. Biar puas yang makan...

      Hapus
  3. enakkkk...aku selalu sk capcai mb...
    btw di rumah lg panas panasnya mb..... kemarau dan mulai ada asap lg... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya di rumah juga selalu laris.
      Di ciledug beberapa hari terakhir panas juga. Tapi sekali turun hujan, derasnyaaaa luar biasa. akibatnya jadi banjir deh...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.