Laman

Kamis, 26 Juni 2014

Brownies Nggak Pake Ribet

Assalamualaykum


Beberapa waktu yang lalu sempat booming sebuah resep brownies di grup dapur yang saya ikuti. Dari judulnya sudah ketauan jika brownies ini mudah dibuat.
Setelah saya baca resepnya komposisi bahan memang mudah dihapal karena menggunakan angka 2 semua. Mulai dari 2 butir telur, 200 gr gula dan terigu serta masing-masing 200 ml minyak dan air kopi. Proses pembuatan pun hanya mengandalkan whisker atau garpu. Teknik pembuatan menggunakan metode sponge cake. Telur dan gula hanya dikocok asal larut dan selanjutnya bahan lain dimasukkan. Setelah itu bisa dikukus atau dipanggang. Pada resep ini adonan saya kukus karena hasilnya insya Allah lebih moist. Dan setelah matang bener saja brownies ini enak, spongy dan lembab. Rasa coklat dan kopinya pas. Seimbang gitu, nggak saling bersaing rasanya. Takaran gula dalam resep saya kurangi sedikit karena tidak suka yang manis. Soda kue saya kurangi separuhnya dan saya ganti dengan baking powder untuk menghindari aroma soda kue yang kadang sedikit mengganggu jika sudah matang. Resep asli menggunakan loyang brownies tapi saya ganti menggunakan loyang tulban/ring. Secara keseluruhan suka deh dengan hasilnya yang tidak terlalu manis. Jika suka manis takaran gula bisa sesuai resep ya. Sayang saya terburu-buru membalik kue panas di atas rak. Karena masih sangat panas kue jadi retak saking lembutnya. Harusnya nunggu 10-15 menit atau jika perlu sampai hangat barulah dibalik supaya tekstur kue lebih kokoh. Padahal picnya kelihatan menul-menul yah. Lain kali harus hati-hati nih.


Brownies Nggak Pake Ribet
Sumber : Anita Rini

Bahan :
1 sachet (20 gr) kopi 3 in1
200 ml air panas
200 ml minyak sayur/minyak goreng
2 butir telur
200 gr gula pasir (saya pake 160 gr)
1/8 sdt garam halus (tambahan dari saya)
200 gr tepung terigu
40 gr coklat bubuk
1 sdt soda kue (saya pake 1/2 sdt)
1/2 sdt baking powder (tambahan dari saya)
2 sdm susu bubuk coklat Milo

Cara membuat ;
  1. Siapkan loyang tulban/ring diameter 20cm olesi dengan margarin/minyak goreng. Panaskan kukusan supaya mendidih dan beruap banyak.
  2. Campur kopi dan air panas aduk sampai larut. Tambahkan minyak goreng, sisihkan. Ayak terigu, coklat bubuk, soda kue dan baking powder. Masukkan susu bubuk Milo, sisihkan
  3. Kocok telur, gula dan garam menggunakan whisker atau garpu sampai gula larut (karena ogah pegel saya pake mixer speed rendah)
  4. Masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk milo, berselang-seling dengan larutan kopi+minyak. Awali dengan tepung dan akhiri dengan tepung juga.
  5. Tuang ke dalam loyang dan kukus selama 35-40 menit. Lakukan test tusuk.



14 komentar:

  1. Tuuuhhh.. kaaannn.. hobby nya deh, ngganggu orang, pagi2 dikasih brownies....

    Hmmm.... ampuuuuuunnn mbaaa....
    Aku dh sarapan smoothies pisang+wortel+pepaya....
    Jangan digoda...

    (Hiihuhihiiii....^_^)

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh kok reply-ku ilang ya...
      ayo bikin bu gulu mumpung libur
      aku mau juga tuh smoothie-nya

      Hapus
    2. Insya allah bikin mba... hehehe...

      Mba, aku dh kirim i mel... silakan di intipin ya...^_^

      Hapus
    3. mb Lina maaf kalo email belum dijawab. Nggak bisa buka email nih baik via lappy atau hp. Kalo lappy lagi lemot, kalo via hp nggak tau kenapa ini kok nggak mau dibuka.

      Hapus
  2. Pernh jg tahun 2013 booming resep persis kyk gini tp blm q coba...mau jugaaaaa...hadueh knp sih pagi2 mesti bikin aku ngiler mbk hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang namanya brownies biasanya rawan jadi booming deh hihi...padahal bahannya mirip-mirip ya...

      Hapus
  3. hiksss...hanya bs lihat2 aja...
    lagi menjaga asupan gula mb.
    krn mamakku kena diabet, aku jd harus hati2 jg. jgn sampe kena jg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip deh. memang harus jaga asupan gula biar nggak kena juga....

      Hapus
  4. mau ty mba..aer pns kopi. digab ama myk..trus bs lgs dimskin dlm adonan ato tunggu dingin mba..makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh kok kalo tanya-tanya, tapi jangan disingkat-singkat gini ya. Puyeng bacanya hehe...
      Air kopi panas dicampur dengan minyak suhunya langsung turun jadi agak hangat karena minyaknya bersuhu ruang. Jadi langsung aja dimasukkan ke dalam adonan.

      Hapus
  5. Nanya dong. Klo gak ada soda kue baking powder nambah gk ya..
    Kmrin beli baking soda tp kynya dikasih bakung powder. Hihihi...
    Erma

    BalasHapus
    Balasan
    1. errr... sebenarnya aku belum pernah bikin tanpa soda kue. Soda kue dan baking powder daya kerjanya agak beda karena kandungan kedua bahan ini sedikit beda. Tapi bisa dicoba pake 1 sdt baking powder.

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.