Halaman

Selasa, 03 Juni 2014

Sambel Goreng Tempe Ati Ampela

Assalamualaykum


Lauk enak dan nggak mboseni buat saya dan keluarga adalah sambel goreng. Sambel goreng apa aja doyan. Sambel goreng tempe, kentang, ati ampela, jengkol, labu siam, tahu, kates (pepaya) nggak nolak.
Yang paling demen di rumah adalah bapaknya anak-anak. Jika dituruti bisa sering sering makan sambel goreng tapi saya batasi karena penggunaan santan didalamnya sementara dia punya kolesterol. Karena di kulkas ada stok tempe goreng dan cabe merah besar kali ini saya masak aja pake santan. Sedang ati ampelanya dibeli fresh dari tukang sayur. Gimana rasanya ? Tentu enak dong. Dimakan pake nasi anget weleehhhh nyamleng...

Bahan :
300 gr tempe, potong korek api
3 pasang ati ampela, rebus sampai empuk, potong dadu
sepotong lengkuas
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
500 ml santan dari 1/4 butir kelapa tua
garam, merica dan gula secukupnya

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 bh cabe merah besar
3 bh cabe merah keriting
2 cm kunyit
4 butir kemiri
1 sdm ebi, rendam air panas sampai empuk, tiriskan

Cara :
  1. Goreng tempe sampai matang. Angkat, tiriskan dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi masukkan lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Lanjutkan menumis sampai matang dan agak kering.
  3. Masukkan tempe goreng dan ati ampela. Menyusul santan, garam, merica dan gula. Jika suka tambahkan kaldu bubuk. Didihkan.
  4. Setelah mendidih koreksi rasanya dan masak sampai bumbu meresap serta santan agak menyusut.


4 komentar:

  1. kl q pke kentang mbk...ibuku suka pake kapri....bungkus yak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaa...koyo neng warteg ae.
      Aku juga demen tuh pake kapri dan kentang. Tapi sayang, di ciledug jarang ketemu kapri.

      Hapus
  2. owh... nama sama tapi kayaknya beda bumbu di tempat kami mb...
    kalau di tempatku sambal goreng itu pake kecap dikit dan nggak pake kunyit mb...
    tp ini emang nggak pernah ngebosenin... cm skrng kami lg skip makan jeroan mb...hihi
    memicu asam urat... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pernah baca sambel goreng pake kecap.
      Kalo asam urat aku juga idem Tapi kumatnya kalo makan sayur yang ijo royo-royo. Begitu makan sesendok bayem gitu selang 2-3 jam dengkul jadi linu banget nih. Padahal aku lebih suka sayur daripada jerohan...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.