Rujak Jeruk Bali

Tags

Assalamualaykum


Beberapa hari yang lalu saya kemecer dengan jeruk bali yang ada di tukang sayur. Melihat daging buahnya yang kemerah-merahan saya membayangkan pasti seger banget dinikmati di hari yang panas.
Setelah masuk rumah segera saya kupas dan nikmati hmmm...lumayan manis. Berlanjut ke potongan berikutnya. Lha kok kecut ?? Setelah itu saya motong lagi. Lha kok kecut lagi ?? Waduh kalo kecut gini saya nggak bakal ngelanjutin makan jeruknya nih. Anak dan suami juga nggak doyan yang kecut kecut. Selanjutnya ngendon di kulkas deh si jeruk ini. Setelah jeruknya nginep di kulkas 2 hari baru kepikir dibuat rujak. Akhirnya sisa jeruk bali yang gede itu saya bikin rujak semua. Hasilnya sebaskom lho. Setelah dimasukin ke dalam kulkas saya bawa ke pertigaan tempat mangkal tukang sayur. Bener saja rujaknya dijadikan bancak'an. Lumayan seger katanya. Jeruk bali yang kecut dinikmati dengan kuah rujak yang manis pedes pas banget.

Bahan :
1 bh jeruk bali (lupa nggak ditimbang nih)
3 bh cabe merah keriting
5 bh cabe rawit merah
1/2 sdt terasi
1/4 sdt garam
75 gr gula merah
2-3 sdm gula pasir (optional, bisa dihilangkan jika gula merahnya dirasa cukup manis)
200 ml air (bisa ditambah jika kurang)

Cara membuat :
  1. Kupas jeruk bali kemudian potong potong. Sisihkan.
  2. Uleg/haluskan semua cabe, terasi dan garam. Masukkan gula merah dan gula pasir, uleg sampai gula hancur/liat.
  3. Campur adonan cabe dengan air dan koreksi rasanya. Masukkan potongan jeruk bali. Aduk rata. Simpan di dalam kulkas supaya lebih dingin. Sajikan.
 

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

baca cerita mb rina aja..ngences mbak.... bayangin kecut itu...
aku juarangggggg lihat jeruk bali di dumai mb....

emang nih kalo liat penampakan si jeruk bali asli bikin ngences. Tapi begitu dicicip dan kecut walaaahhh udah stop deh, hihi....
Di dumai jarang ya jeruk bali. Di ciledug lagi musim nih. Murah lagi. Satu biji ukuran besar cuma 9 ribu saja.

ni favorit suamiku mbaaak. Kemeceeeer liat jeruk balinya. disini mahal pake bangeeeet. susyaaah pula dapetinnya di pasar. ada di supermarket harganya 1biji nyaris mencapai 100rb. Ketoke sih impor.

haduh mihil bingits yah. Aku sebenarnya kurang suka sama jeruk bali karena asemnya itu. Tapi begitu melihat daging buahnya kemerah-merah langsung ngiler mbayangin nggak terlalu kecut. Eh ternyata, ya gitu deh hihi....

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon