Laman

Kamis, 12 Juni 2014

Oseng Kecipir Dan Tempe

Assalamualaykum


Tempe lagi ??? Iya tempe lagi. Nggak bosen apa makan tempe nyaris tiap hari ?? Alhamdulillah enggak tuh. Tempe dimasak apa saja saya tetep doyan. Begitu juga orang rumah.
Resep ini sudah agak lama saya simpan setelah nginjen (ngintip) di tabloid kuliner. Ingin segera dieksekusi tapi kok nggak segera ketemu kecipirnya. Seumur umur saya masak kecipir baru sekali ini. Setelah ketemu saya sempat tanya sama penjualnya gimana rasa kecipir ini. Katanya renyah mak kres-kres gitu. Mirip buncis tapi tidak manis. Setelah matang saya nyicip, eh ternyata bener. Renyah tapi tidak manis, cenderung tawar dan ada sedikiiit aroma langu tapi tidak mengganggu buat saya. Kecipir ini biasa dimasak urap. Ya memang sepertinya lebih cocok dimasak urap. Tapi dimasak oseng kayak gini enak juga kok. Lain kali jika ketemu kecipir pingin masak lagi ah....


Bahan :
200 gr kecipir, siangi kedua ujungnya, potong 1/2 cm
300 gr tempe, potong dadu
1 sdt kecap ikan
1 bh tomat merah, potong kasar
sepotong lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
2 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
100 ml air

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 bh cabe merah besar

Cara membuat :
  1. Goreng tempe sampai matang. Angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu iris sampai wangi. Masukkan kecap ikan, tomat merah, lengkuas dan salam.
  3. Menyusul tempe, kecipir, kecap manis, garam, gula dan air. Aduk rata dan biarkan mendidih.
  4. Koreksi rasanya dan masak sampai bumbu meresap dan air menyusut. Angkat dan sajikan hangat.


6 komentar:

  1. Mbak Rina aku juga sampai saat ini belum pernah ngerasain kecipir hihihi...ada pahit-pahitnya nggak ya mb? jadi penasaran pingin coba masak kecipir :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pait nggak ada sama sekali. Kecipir ini teksturnya renyah, bahkan setelah dimasak masih terasa kres. Dan kayaknya nggak bisa nyerap bumbu. Bumbu hanya berasa di bagian luar menyalut si kecipir ini. Makanya pas kalo dijadikan urap ya. Pokoknya mirip buncis minus rasa manis aja. Kalo pingin nyobain, pake kecipir dikit dulu dan tempenya dibanyakin untuk antisipasi kalo nggak sreg kan nggak gelo (kecewa).

      Hapus
  2. wallaaa...enak banget...nasinya mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasi sengaja nggak difoto karena males beberes properti jika sudah selesai motret, hihi...

      Hapus
  3. ini di campur urap yo enak mbak.... di sambel yo mantap...di tumis oseng2 endang bambang gurindang...
    aku nggak pernah nolak kalau cipir mb.... ehehhe #nyodorin piring

    BalasHapus
    Balasan
    1. doyan kecipir to ? Emang nih ternyata enak buat oseng. Kapan-kapan mau bikin urap pake kecipir nih...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.