Laman

Jumat, 13 Juni 2014

Oseng Gambas Toge Dan Teri

Assalamualaykum


Sempat mati gaya mau masak apa untuk cuaca panas seperti ini. Ketika belanja di tukang sayur saya melihat ada gambas dan berpikir untuk mengolahnya.
Gambas atau oyong yang tawar dan dingin sebenarnya luwes dimasak dengan kuah karena lebih segar. Tapi kata tukang sayur oyong bisa dioseng/ditumis juga. Penasaran gimana rasanya oseng gambas ini, akhirnya saya memutuskan untuk beli toge dan teri medan untuk melengkapi oseng gambasnya. Setelah matang tidak disangka bapaknya anak-anak lahap banget makan oseng ini. Sepiring oseng gambas ini nyaris ludes dalam sekali makan. Enak dan seger katanya. Gambas dan toge yang anyep/hambar, pas disajikan dengan teri medan goreng yang asin dan kriuk-kriuk. Sangat sederhana tapi Alhamdulillah sungguh nikmat.

Bahan :
50 gr teri medan/teri nasi
3 bh oyong/gambas, kupas, potong bulat
125 gr toge/tauge kacang hijau, bersihkan
1 batang daun bawang, iris tipis
garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih

Cara membuat :
  1. Goreng teri medan sampai matang dan kering. Angkat dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu iris dan daun bawang sampai wangi. Masukkan gambas, garam, gula dan merica. Aduk rata. Setelah gambas keluar air, koreksi rasanya. Masukkan toge dan aduk rata. Segera angkat dari api supaya tidak overcook.
  3. Tuang oseng gambas toge ke atas piring dan taburi dengan teri goreng. Sajikan.
 

4 komentar:

  1. wah.. mbak ini bener2 kreatif ya.
    saya sebagai ibu karbitan kyknya harus sering banyak belajar dari resep2nya mbak.
    kadang saya tuh suka bingung mau masak apa.. soalnya saya nggak pintar masak. di tukang sayur juga bingung mau beli apa.
    rasanya lebih mudah jadi programmer atau mencari uang daripada menjadi seorang ibu rumah tangga yang bisa masak, hehe..

    sangat menginspirasi blognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...makasih tuk komen manisnya.
      Saya aja juga sering bingung mau belanja apa kalo lagi mati gaya. Kadang asal belanja kemudian masuk kulkas dan buka tabloid atau internet untuk cari inspirasi. Ayo kita belajar masak sama-sama. Kalo bingung kan bisa buka blog ini sebagai rujukan. Sengaja resep masak-masaknya yang ringkas, praktis dan mudah supaya bisa dipelajari terutama bagi para pemula.
      Happy cooking dan baking yah...

      Hapus
  2. jadi ingat kalau mamak mudik...
    aku jd terpaksa masak... sering bingung mau masak apa.
    apalagi... di rumahku walaupun cm 4 orang, selerang beda2...
    emak emang paling top..... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu pernah aku alami jaman masih lajang dulu. Karena di rumah selera bapak dan ibu beda aku suka bete kalo disuruh masak. Kalo masak gurih asin ibuku protes. Giliran terlalu manis bapak nyeletuk "kamu masak sayur apa bikin kolak ???" hahahaaa....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.