Laman

Sabtu, 14 Juni 2014

Gluten Free Chiffon Cake ( No Baking Soda - No Baking Powder )

Assalamualaykum


Kangen bikin chiffon nih....Cake favorit di rumah yang bisa ludes dalam waktu singkat. Setelah bikin chiffon keju terakhir kali saya pingin lagi bikin tapi yang gluten free flour.
Selain gluten free saya juga menghilangkan pemakaian soda kue dan baking powder untuk mencoba "kesaktian" adonan chiffon ini. Jika saya lihat resep dari luar ada juga kok chiffon yang nggak pake bahan additif dan sukses dipanggang. Hasilnya tetap bisa mumbul (naik) dengan cantik tuh. Ketika membuat adonan saya rada deg-degan karena takut gagal. Saking hati-hati saya sampe nggak ngeh kasih pasta kuenya. Niat hati ingin dikasih pasta pandan tapi kok saya tuang pewarna lain, hahaha....jauh banget deh. Ini kepala nggak konsen atau kenapa ya kok bisa melenceng begini. Tapi biarlah wong sudah telanjur. Biarpun begitu warnanya kok jadi rada bluwek gitu ya. Tau deh ini salah di mana saya nggak tau. Padahal tepung yang dipake warnanya putih tapi kok hasilnya rada pink kumel, hihi....


Biasanya saya menggunakan spatula untuk mengaduk adonan tepung dan putih telur kaku, kali ini saya pake whisker. Ada bedanya nggak ? Tentu dong. Menurut saya lebih enak pake whisker karena lebih cepat rata. Jika pake spatula harus aduk balik dan agak lama ratanya, pake whisker ini cukup diaduk searah saja. Setelah matang hasilnya sama jika dibanding pake spatula. Tetep spongi, lembut, tidak terlalu manis dan menul-menul khas chiffon meski rada padat. Karena pemakaian tepung agak banyak dari biasanya waktu panggang jadi lebih lama. Saya butuh waktu 75 menit (1 jam 15 menit) untuk memanggang chiffon ini. Untuk gula halusnya saya biasanya menghaluskan sendiri gula pasir dalam blender. Supaya tidak menggumpal ketika digiling, beri 1/2 sdt tepung jagung/maizena untuk 100 gr gula pasir kemudian proses sampai halus. Gula halus siap dipake tuh. Secara tekstur lembut dan nggak seret tapi tetap saja beremah seperti chiffon pada umumnya. Dan saya puas deh dengan hasilnya.


Bahan :
100 gr tepung beras
20 gr tepung jagung/maizena
1/2 sdt vanili bubuk
25 gr gula halus
3 butir kuning telur
50 ml air hangat
50 ml minyak sayur/minyak goreng

3 butir putih telur
1 sdt air jeruk nipis/lemon
1/8 sdt garam halus
75 gr gula halus

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang tulban diameter 18cm. Alasi dasarnya dengan kertas roti. Jangan dioles apapun, biarkan kering bagian dasar dan dindingnya. Panaskan oven dengan suhu 160°C.
  2. Dalam wadah besar campur tepung beras, tepung jagung, vanili dan gula halus aduk rata. Masukkan kuning telur. Tuangi campuran air hangat dan minyak sayur, aduk searah menggunakan whisker sampai rata dan licin. Sisihkan.
  3. Dalam sebuah baskom bersih bebas minyak dan cairan apapun, kocok putih telur, air jeruk nipis dan garam sampai berbuih. Masukkan gula halus dalam 3 tahap sambil dikocok  dengan kecepatan maksimal sampai kaku dan mengkilat (+- 4 menit).
  4. Masukkan putih telur kaku ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit, dalam 3 tahap, aduk searah menggunakan whisker sampai rata. Tuang ke dalam loyang.
  5. Panggang dalam oven selama 75 menit (1 jam 15 menit). Selama memanggang pintu oven jangan dibuka sebelum permukaan kue kelihatan kering supaya tidak kempis. Jika permukaan kue sudah berwarna kecoklatan dan disentuh menggunakan ujung jari telah membal serta terasa kering, berarti telah matang.
  6. Keluarkan kue dari oven dan langsung dibalik dengan disangga botol pada lubangnya. Biarkan sampai betul-betul dingin. Setelah dingin, kikis/sisir bagian pinggir dan tengah kue menggunakan pisau tipis dan tajam. Keluarkan kue dari loyang, potong menggunakan pisau bergerigi dan sajikan.


3 komentar:

  1. kebayang lembutnya mbak..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk bikin chiffon lagi buat refreshing gitu...

      Hapus
  2. www.snackautisme.blogspot.com

    Menyediakan makanan diet khusus :
    GLUTEN FREE, WHEAT FREE, NUT FREE, DAIRY FREE, EGG FREE, YEAST FREE, VEGAN.

    Untuk pemesanan, pin 529490F6 (join di group yuk,biar tau varian yang baru),atau WA +62 856-4849-0085 & Line +62 813-3387-1518 (tidak melayani panggilan telp) dengan cara, ketik :
    Nama produk & jumlah # nama penerima # alamat lengkap&kode pos # no HP penerima

    Terima kasih,
    Selamat berbelanja

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.