Halaman

Rabu, 21 Mei 2014

Tempe Dan Ceker Bakar Bumbu Kuning

Assalamualaykum


Salah satu variasi lauk yang ada di rumah saya yang kemarin baru saja saya bikin adalah judul di atas itu. Masakan murah meriah dan gampang adalah favorit saya.
Hanya modal tempe dan ceker yang murah kita bisa menyajikan hidangan yang Insya Allah nikmat bagi anggota keluarga. Bahan yang selalu ada di tukang sayur ini hanya saya masak pake bumbu kuning dan menambahkan santan supaya lebih gurih dan sedap. Setelah matang tinggal dibakar di atas api atau pake wajan teflon seperti saya juga bisa. Sajikan bersama sambel tomat/sambal bajak, atau sambel kecap pun Insya Allah juga cocok jika suka manis. Ditemani lalap, weleeeeehhhh.....enak banget.

Bahan :
300 gr tempe
250 gr ceker ayam, bersihkan
sepotong lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
1 batang serai, memarkan
200 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
600 ml santan encer (dari sisa perasan santan kental)
garam dan gula secukup rasa

Bumbu halus :
1 sdt ketumbar
1/4 sdt merica butiran
1 cm jahe
3 cm kunyit
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Potong tempe sesuai selera, sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan lengkuas, daun salam, daun jeruk dan serai. Lanjutkan menumis sampai bumbu matang.
  3. Tuangkan santan encer dan ceker, bumbui garam dan gula. Tambahkan kaldu bubuk jika suka. Masak sampai mendidih, ceker menjadi empuk dan santan agak berkurang.
  4. Setelah ceker empuk masukkan tempe dan santan kental, lanjutkan memasak sampai santan mengering. Matikan api.
  5. Bakar tempe dan ceker sambil dioles sisa bumbu, sampai berubah warna menjadi kecoklatan. Sajikan bersama sambal dan lalap.


6 komentar:

  1. Balasan
    1. ayo bikin jangan dibayangin doang, ntar ngeces...

      Hapus
  2. slurrppttt....lezatnyaaa....tahu tempe digoreng aja enak apalagi dibumbu kuning,dibakar lagi,nyemm

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi. Ketika dibakar wangi deh karena penggunaan ceker itu. Ih jadi lafar nih...

      Hapus
  3. mbak sayur kuning tempe plus ayam suka tak ajdiin teman makan bubur lho, soalnya klo di kampung ibu ku tukang bubur jualannya pke sayur beginian enaaak lho ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh bener may buat lauk bubur beras/bubur nasi cocok banget. Jadi inget waktu di solo kalo beli bubur salah satu lauknya tahu tempe dibumbuin kuning gini alias jangan terik, hihi...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.