Laman

Selasa, 20 Mei 2014

Ayam Kecap Masak Cabe Kering

Assalamualaykum


Sudah beberapa lama saya nyimpen daging ayam di freezer. Rencana sih mau bikin siomay atau nugget tapi kok males mau giling ayamnya ya (padahal udah ada penggilingnya tinggal klik aja kok males).
Akhirnya saya banting stir dimasak kecap aja yang pasti pada doyan. Selain itu di lantai atas saya juga menjemur cabe merah keriting dan cabe besar yang sudah kering. Kadang saya suka latah beli cabe merah keriting rada banyak padahal konsumsinya cuma sedikit. Dan kepikir untuk memasukkan cabe keriting ke dalamnya. Resep sama seperti dulu hanya diberi cabe keriting saja supaya agak pedas. Ternyata cabe kering rasanya tidak sepedas cabe segar yang sangat nonjok di lidah. Ini rasanya agak mild, cocok bagi yang tidak suka terlalu pedas atau agak berpantang seperti saya.

Ayam Kecap Masak Cabe Kering
Sumber : Ayam Kecap
Modif : Rina Audie

Bahan :
1 ekor ayam, potong 14 bagian
8 butir bawang merah, iris tipis ( bisa pake 1 bh bawang bombay )
4 siung bawang putih, cincang halus
18 bh cabe merah kering, potong 2 cm
1 sdt kecap ikan/kecap asin
2 sdm saus tiram
75-100  ml kecap manis
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
250-300 ml air
2 batang daun bawang, potong 2 cm

Cara membuat :
1. Cuci bersih ayam, jika perlu kucuri dengan jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan baunya. Cuci bersih kembali.
2. Panaskan minyak yang cukup banyak di wajan, goreng ayam sampai kecoklatan. Tapi jangan sampai terlalu kering ya. Angkat dan tiriskan.
3. Panaskan kembali sedikit minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan cabe kering, kecap ikan, ayam goreng dan kecap manis.
4. Masukkan air, saus tiram, garam, gula dan merica. Biarkan mendidih, dan koreksi rasanya. Jika sudah pas, kecilkan apinya, masak sampai bumbu meresap dan kuah mengental. Jika airnya menyusut tapi bumbu belum meresap, bisa ditambah air lagi. Terakhir masukkan daun bawang, masak sebentar angkat dan sajikan.


6 komentar:

  1. di siak baru ngerasain ayam kecap yg super lezat....harum rempah2nya slh 1 pala... yg g bikin eneg rasa manisnya..bnr2 enaklah plus pedes.yeeemmmmm....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tuh pake pala biar wangi dan nggak eneg ya....

      Hapus
  2. waduh...pasti nambah terus ya Rina...ayam masak kecap sungguh menyelerakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. Jika dimakan pake nasi bisa nambah mulu...

      Hapus
  3. termasuk kesukaanku mb...
    kalau di tempatku,,kami manggilnya semur mb. beda sm semur di jawa yg berkuah mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di Jawa semur itu selain berkuah juga pake kayumanis, pala dan cengkih. Jadi aromanya lebih kaya dan berempah.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.