Laman

Minggu, 18 Mei 2014

Nasi Goreng Gila

Assalamualaykum


Beberapa waktu yang lalu saya dichat adik saya dengan kalimat berikut "mbak, aku habis beli nasi goreng gila dekat rumah. Ada warung baru. Enak nih nasi gilanya".
Sebelumnya saya pernah diberitahu oleh saudara saya tentang nasi goreng gila ini. Katanya nasi ini memang gila baik dari segi rasa maupun isinya. Maksudnya sangat ekstrim gitu. Jika ingin pedas, rasa pedasnya juga sangat luar biasa dan porsinya luar biasa banyak. Segala macam bahan dimasukkan jadi satu seperti kol, sawi hijau, sawi putih, kangkung, telur, ayam, daging, udang, bakso dan entah apa lagi karena saking banyaknya.Yang membedakan dengan nasi goreng biasa adalah warna nasinya. Jika nasi goreng biasanya berwarna merah atau coklat, nasi ini berwarna putih karena minus kecap atau saus tomat dan hanya diberi bawang putih, garam dan merica. Setelah dichat itulah saya googling dan segera masuk list yang ingin dieksekusi.  Pilihan akhir jatuh ke Sajian Sedap. Ditilik dari resepnya lumayan mudah bahannya. Tapi seperti biasa menyesuaikan stok kulkas saya. Jadi isinya nggak sama persis ya. Rasa juga nggak pedas karena cabe saya hilangkan dan diganti paprika merah. Setelah matang anak saya yang pertama kali menikmatinya untuk sarapan. Katanya enak banget. Alhamdulillah. Jika enak gini pasti saya mau bikin lagi untuk alternatif menu di rumah.

Bahan nasi :
2 butir telur, kocok rata menggunakan garpu
400 gr nasi putih
2 siung bawang putih, cincang kasar
garam dan merica secukupnya

Bahan tumisan :
1 batang wortel, iris bulat tipis
1 batang daun bawang, iris tipis
2 bh sosis, iris bulat-bulat
5 bh bakso, porong sesuai selera
1 bh paprika merah, potong kasar
7 batang sawi hijau, potong 2 cm
4 lbr kol/kubis, iris kasar
1 sdt kecap asin
1 sdm saus tiram
garam, gula dan merica secukup rasa

Bumbu halus :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 bh cabe merah keriting (saya nggak pake)

Cara membuat :
  1. Nasi goreng : panaskan sedikit minyak di wajan, tuang telur kemudian dibuat orak-arik. Angkat dan sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak kembali, tumis bawang putih sampai harum, masukkan nasi dan bumbui dengan garam dan merica bubuk. Aduk sampai rata dan koreksi rasanya. Masak sampai nasi menjadi panas, masukkan telur orak-arik dan aduk sampai rata. Angkat dan sisihkan.
  3. Tumisan : panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan wortel dan kecap asin, beri 3 sdm air. Biarkan wortel jadi empuk.
  4. Masukkan sisa bahan seperti sosis, bakso, daun bawang, parika, sawi dan kol. Beri saus tiram, garam dan gula, aduk rata. Koreksi rasanya. Aduk sebentar dan angkat dari api. 
  5. Sajikan nasi goreng bersama tumisan.


6 komentar:

  1. kl nasi goren gila di batam itu porsinya byk.. irisan hati ayam,sosis,ayamnya gede2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo itu pasti puas makannya karena protein hewaninya banyak. Kebanyakan kalo beli nasgor gila emang banyak dan gede-gede sih potongan ayam dkk...

      Hapus
  2. aaakkkk...... mauuuuuu...
    kalau di tambahi saos tiram dan minyak wijen mungkin tambah enak ya mb ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi boljug nih kalo diberi saus tiram dan minyak wijen. Wangi pastinya...

      Hapus
  3. Hai mba Rina...
    salam kenal...ketemu blog mba Rina di blognya kak Ayu curlybabe's satisfaction...
    wah banyak resep di sini ya...
    jadi ngiler dengan nasi goreng gila ini..kalau aku buat nasi goreng juga kalau buat anakku ga pedes..tetapi kalau buatku n suami mesti super pedes..he he he...
    mba aku jg tgl di batam nah ada yg jual nasi goreng gila ini..campur mie juga lho..jadi nasi goreng mawut ya..

    oh iya mba...aku beberapa hari ini sering mampir ke sini, tetapi baru sekarang ninggalin komen...kapan-kapan explore lagi blog mba Rina....secara banyak resepnya...kapan-kapan mau coba juga resepnya...

    thanks
    Monic

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Monic salam kenal ya...
      ini baru pertama bikin nasgor gila. Karena di rumah dapat respon baik kapan-kapan mau bikin lagi kayaknya. Nasgor kalo nggak pedes emang kurang nendang ya, kurang sedep gitu. Berhubung tempo hari udah makan cabe-cabean, hihi...cabe beneran lho bukan cabe yang itu tuuuhhh, sekarang dikurangi biar lambung nggak protes.
      Silakan aja kalo mau diubek-ubek blognya kemudian dapat inspirasi untuk baking dan cooking, malah seneng nih yang punya blog. Met bewe di Dapurmanis ya dan met praktekin resep-resepnya...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.