Halaman

Rabu, 28 Mei 2014

Semur Pedas Kikil Dan Otak-Otak

Assalamualaykum


Sewaktu saya belanja di tukang sayur saya terpikat oleh sebungkus kikil yang dagingnya keliatan lebih tebal daripada yang biasa saya beli.
Warnanya agak kekuningan dan empuk. Mungkin sudah direbus dulu kali ya. Kata tukang sayur kikil tebal ini lebih enak daripada kikil tipis karena lebih terasa kenyal dan berlemak. Akhirnya saya ambil sebungkus bersama otak-otak yang rencananya mau digoreng. Setelah kikilnya dipotong ternyata hasilnya sedikit dan saya berpikir untuk nambahi otak-otak supaya tambah banyak. Saya memperkirakan tekstur otak-otak yang kenyal bisa cocok dengan kikil yang juga kenyal-kenyil. Setelah matang ternyata bener, enak. Sengaja saya masak semur supaya bisa pake kayumanis, pala dan cengkih untuk menutupi aroma otak-otak yang kadang terasa amis. Hasilnya hmmm...sedep deh. Tekstur kikil dan otak-otak yang kenyal ternyata bisa klop. Tau nggak saya masak kikil ini di hari Minggu kemarin supaya bisa cheating, hihi...

Bahan :
250 gr otak-otak ikan, siap pakai
250 gr kikil sapi, potong dadu
3 bh cabe merah besar, potong miring
5 bh cabe merah keriting, potong miring
1 bh tomat merah, potong kasar
3 butir cengkih
3 cm kayumanis
1/4 sdt pala parut/bubuk
5 sdm kecap manis
500 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1/2 sdt garam
2 sdt gula

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1/4 sdt merica butiran

Cara membuat :
  1. Potong miring otak-otak kemudian goreng sampai matang. Tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus, cengkih, kayumanis dan pala. Aduk-aduk sampai wangi. Menyusul cabe merah dan keriting, tumis sampai cabe layu.
  3. Masukkan kikil, otak-otak goreng, kecap dan santan. Beri garam dan gula. Setelah mendidih koreksi rasanya. 
  4. Masukkan tomat. Lanjutkan memasak sampai kuah agak menyusut. Matikan api.

2 komentar:

  1. di rumah jarang masak kikil mb.
    soalnya bapak ada tekanan darah tinggi.
    jadi pengen ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin dikit aja. Atau dibagi-bagi ke tetangga gitu. Itu resep jadinya banyak. Punyaku aku bagi sama tukang sayur plus nasinya, buat maksi dia, hihi...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.