Halaman

Sabtu, 03 Mei 2014

Sambel Tumpang Tahu Dan Kacang Tholo

Assalamualaykum


Terlalu lama sudah saya tidak masak sambel yang satu ini. Sambel yang beberapa tahun terakhir jadi favorit saya emang bikin kangen.
Tapi saya hanya doyan yang bikinan sendiri. Jika beli saya masih pikir-pikir karena kadang warnanya yang pucat membuat saya tidak tertarik. Sambel ini tergolong unik karena memanfaatkan tempe semangit (tempe yang udah kadaluarsa) sebagai bahan utamanya. Kebetulan di tukang sayur ada tempe semangit satu papan. Langsung saya beli saja karena tempe semangit merupakan barang langka di Ciledug sini. Jika ingin bikin sendiri kok lupa mulu. Tiap kali goreng tempe selalu habis digoreng semua. Tempe ini sudah berumur 2 hari. Baunya memang tidak enak tapi warnanya belum hitam hanya putih keruh alias sudah berubah warna dari tempe segar yang semula berwarna putih bersih. Untuk menghilangkan baunya tempe ini direbus terlebih dahulu bersama bumbu lain. Sebagai penyedap saya memakai ebi yang diuleg bersama bumbu halus. Untuk isian saya pake tahu goreng dan kacang tholo. Paling enak sebenarnya pake krecek favorit, tapi karena nggak ada ya pake yang ada saja. Seperti umumnya masakan bersantan sambel tumpang paling enak jika sudah nginep semalam. Dihidangkan bersama nasi hangat hmmm....

Bahan :
10 bh tahu goreng segitga, potong 2 bagian
75 gr kacang tholo, rebus sampai empuk
4 lbr daun jeruk purut
2 lbr daun salam
3 cm lengkuas, memarkan
10 bh cabe rawit merah utuh (saya nggak pake)
50 gr ebi, rendam air panas sampai lunak, tiriskan
1 sdt garam
2-3 sdt gula merah
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa tua

Bahan rebus :
600 ml air
300 gr tempe semangit, dipotong dadu
3 bh cabe merah besar
3 bh cabe merah keriting
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm kencur
4 cm kunyit

Cara membuat :
  1. Dalam sebuah panci tuangkan air dan masukkan semua bahan rebus. Rebus sampai semua bahan sampai matang dan air agak menyusut +- 15 menit.
  2. Angkat dan tiriskan semua bahan rebus kemudian dihaluskan/diuleg bersama ebi. Air sisa rebusan jangan dibuang ya.
  3. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus kemudian masukkan daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Tuangkan bahan tumisan ke dalam air sisa rebusan bumbu. Masukkan tahu dan kacang tholo beserta cabe rawit utuh.
  4. Beri garam, gula dan santan. Biarkan mendidih dan koreksi rasanya. Jika suka boleh pake kaldu bubuk dan penyedap rasa. Masak sampai matang. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat.


2 komentar:

  1. eheheh...ini sayur kesukaan bapak mb...

    BalasHapus
    Balasan
    1. eeh, tau sambel tumpang to ? Biasanya orang Jatim dan Jateng yang doyan masakan ini...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.