Laman

Minggu, 04 Mei 2014

Chocolate Biscuit Upside Down Cake

Assalamualaykum


Sekarang bikin kue lagi ya. Mumpung di rumah ada biskuit coklat berkrim saya kepikir mau bikin kue pake bahan ini.
Sebenarnya ingin bikin chocolate cheese cake tapi kok ya ogah beli cream cheesenya karena harus ke supermarket besar. Maunya yang ada di rumah aja. Setelah browsing langsung sreg dengan resep upside down cake. Resep cakenya saya ambil dari NCC yang irit telur. Tapi seperti biasa saya modif. Gula saya kurangi banyak karena takut kemanisan. setelah dikurangi pun menurut saya masih cukup manis padahal saya kurang suka cake manis. Inginnya yang manis jambu saja. Selain itu saya cemplungi keju parut 50 gr yang pada akhirnya kurang nampol rasanya. Dan tepungnya saya campur dengan tepung jagung supaya teksturnya lembut. Setelah matang dan dicicip hmm memang lembut. Tapi saya kesulitan motong biskuitnya karena tetep keras. Saya pikir biskuit akan jadi lembek setelah disiram adonan cake. Ternyata tidak. Mungkin karena saya pake biskuitnya dobel dan krimnya tidak disisihkan sehingga terlalu tebal. Jadi lain kali biskuitnya pake satu potong aja dan krimnya dibuang supaya tidak jadi keras. Atau bisa juga dibuat individual menggunakan loyang cup cake supaya tidak repot motong biskuitnya.


Chocolate Biscuit Upside Down Cake
Sumber : NCC
Modif : Rina Audie

Bahan :
9 tangkup biskuit coklat beserta krimnya
120 gr mentega
1/2 sdt vanili
175 gr gula pasir (masih terlalu manis buat saya)
2 butir telur utuh
150 gr tepung terigu
50 gr tepung jagung (maizena)
1 sdt baking powder (saya nggak pake)
150 ml susu cair
50 gr keju cheddar, parut


Cara membuat :
  1. Siapkan loyang bulat diameter 20 cm, alasi kertas roti dan olesi mentega. Tata biskuit di atasnya dan sisihkan. Panaskan oven dengan suhu 180°C.
  2. Kocok mentega, gula dan vanili dengan mixer speed tinggi sampai pucat, mengambang dan ringan (+- 10 menit).
  3. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok sampai rata.
  4. Masukkan campuran terigu, tepung jagung dan baking powder sambil diayak, berselang seling dengan susu cair. Kocok dengan speed rendah sampai rata. Matikan mixer.
  5. Terakhir masukkan keju parut, aduk balik sampai rata. Dengan menggunakan spatula tuang ke dalam loyang sedikit demi sedikit dan ratakan.
  6. Panggang dalam oven selama 35-40 menit sampai bagian atas kuning kecoklatan dan matang .


4 komentar:

  1. Sama Mba..kalau cake aku juga suka yang manisnya semriwing saja..jadi nggak bosan ya..makannya..kalau manis banget paling sepotong udah..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kemanisan jadi eneg rasanya ya. Aku juga paling nyomot sepotong, udah kenyang deh...

      Hapus
  2. aku jg mb... ng suka yg terlalu manis... coz akunya udh manis.... hihi
    ft yg bright itu suka deh... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya entah kenapa yang bright keliatan cakep ya. Lagi beruntung ni jepretnya...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.