Laman

Senin, 05 Mei 2014

Balado Campur-Campur

Assalamualaykum


Beberapa waktu ini saya kok pingin sharing resep masakan juga selain roti dan kue. Moodnya lagi seneng di masak-memasak. Tidak seperti kemarin-kemarin yang demen bikin aneka snack saja.
Ketika sedang asik baca tabloid ada satu resep balado yang menurut saya belum pernah saya buat. Balado putren dan bakso dari Tabloid Koki ini membuat saya tergiur. Setelah lihat bahan di kulkas segera kepikir bikin karena ada semua. Sayang jumlah putrennya sedikit dan kemudian saya beri tempe goreng dan wortel biar tambah banyak. Putren tu apa sih ? Putren adalah jagung muda (baby corn) yang biasanya dibuat masakan tumis. Rasanya renyah dan sedikit manis. Dimasak dengan cabe sangat pas. Seger. Berikut resepnya ya.

Bahan :
150 gr tempe, potong dadu
1 bh wortel, potong miring
100 gr putren/baby corn, potong miring
6 bh bakso,potong bulat tipis
100 ml air
1/3 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk

Bumbu tumbuk kasar :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 bh cabe merah besar
3 cabe merah keriting

Cara membuat :
  1. Goreng tempe sampai matang, angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan sedikit minyak di atas wajan, tumis bumbu tumbuk sampai matang dan agak kering. Masukkan wortel dan 30 ml air, masak sampai air mengering.
  3. Masukkan tempe goreng, putren dan bakso, beri garam, gula dan merica. Tuangi sisa air dan aduk rata. Koreksi rasanya.
  4. Masak sampai matang dan air mengering. Sajikan bersama nasi hangat.

4 komentar:

  1. saya g suka baby corn mbk...agak alot rasanya..g enak hehe.......iya.akhr2 ini sharing mskn rumahan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru kali ini ada yang nggak suka baby corn. Di rumah pada suka lho cuma sekarang lagi mihil. Sebungkus isi 5 biji dihargai 2500.

      Hapus
  2. putren ini di campur capcai atau sayur asem.. alamakkkkk..... drama korea mah lewattttt... #asal

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...putren pake sayur asem malah belum pernah. Enak ya ?

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.