Halaman

Kamis, 27 Maret 2014

Tumis Sayur Tanggal Tua

Assalamualaykum


Begitu baca judulnya mesti udah tau ya sayur apa ini. Iya ini adalah campuran berbagai macam sayur yang murah dan mudah didapat.
Akhir bulan gini pasti banyak yang seide dengan saya dalam hal masak memasak. Cari yang cepat, mudah dan murah. Tumis sayur tergolong masakan andalan dikala tanggal udah tua dan bisa jadi rutinitas tiap bulan. Hayo ngaku, hihi....Bahan yang dipake seadanya saja. Di sini saya pake wortel, kacang panjang dan jagung baby/jagung muda. Kebetulan di freezer ada stok bakso dan sosis dan saya masukkan sekalian. Yang beda, sayur ini dimasak oleh anak saya. Beberapa hari terakhir ini dia memang saya geber untuk belajar masak. Kalo bantuin bikin kue udah biasa tapi kali ini dia harus turun tangan sendiri dari ngupas bawang merah dan putih, nyiangi/ngupas sayur dan memasaknya di atas wajan. Tapi tetep saya awasi. Di belakangnya saya berdiri mengawasi sambil memberi komando, "tumis bumbu sampai wangi dan matang" atau " sekarang beri garam 1/2 sdt" atau "beri air sedikit biar nggak gosong", sambil saya melongok ke depan untuk melihat apakah masakannya siap ditambahkan bahan lain. Dari beberapa kali masak hasilnya lumayan enak dan dipuji bapaknya. Memang dia belum bisa menentukan kapan sayur itu matang atau mengukur bumbu seperti garam, gula dan merica. Jadi saya harus mengecek setiap saat. Hasilnya, hmmm....dimakan pake nasi panas dan kerupuk, niscaya bisa ngabisin sebakul....

Bahan :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 bh cabe merah keriting, potong bulat
1 sdt kecap ikan/asin
1 sdm saus tiram
10 lonjor kacang panjang, potong 2 cm
3 bh wortel ukuran kecil, potong bulat tipis
4 bh jagung muda/baby corn, potong bulat-bulat
5 bh bakso sapi, potong sesuai selera
2 bh sosis ayam, potong bulat-bulat
garam, gula pasir dan merica bubuk, secukupnya
50-75 ml air/kaldu ayam/kaldu sapi

Cara membuat :
  1. Iris tipis bawang merah dan bawang putih. Panaskan 2 sdm minyak goreng di atas wajan, tumis bawang merah, bawang putih dan cabe keriting sampai layu dan wangi. Tuangi kecap ikan.
  2. Masukkan semua bahan, kacang panjang, wortel, jagung muda, bakso dan sosis, aduk sampai rata.
  3. Bumbui dengan saus tiram, garam, gula pasir dan merica , aduk merata. Terakhir tuangi air dan koreksi rasanya. Masak sampai matang dan bumbu meresap.

8 komentar:

  1. Aduuuhhh.. geli deh... dari mbaca cerita d atas... jd ngebayangin... mba rinanya pake helm tentara sambil bawa rotan.. nti kl yg masaknya salah langsung ceteeeeerrrrr.....!!


    Hahahahaha.....

    Walhasil masakannya pedea walau ga dikasih cabe...!

    Whuahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha....ide bagus itu masak pake helm tentara....aku baca komennya kok malah geli to yo, hahahaaaa....
      itu pake cabe bu gulu, tapi seuprit doang, hihi...

      Hapus
  2. Sayur tumis emang jadi favorit ya mba,,, saya dan keluarga suka sekali yang tumis2an....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb Tina, murah, meriah, praktis dan gampang. Toosss....

      Hapus
  3. heheh.... walaupun sayur tanggal tua, tp pasti enak tho mbak.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas dong, ini sayur nggak sampe sehari juga udah habis saking enaknya *narsis*

      Hapus
  4. Ndelok judule ngguyu dewe,putreeen bakso Ήм̣̣̥̇̊мм̣̣̥̇̊‘♌⌣ .̮ ⌣♌Ήм̣̣̥̇̊мм̣̣̥̇̊” maknyus po meneh lombok ijo mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha kan bener to wong dibikin pas duitnya udah mefet, hihi....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.